Didampingi Sekda dan Kadis Kesehatan, Pj Bupati Buton Serahkan Bantuan Delapan Ambulance untuk Puskesmas

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyerahkan bantuan delapan unit mobil Ambulance kepada delapan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), di Pelataran Rujab Bupati Buton, Selasa (9/4/2024).

Penyerahan bantuan mobil Ambulance tersebut dilakukan langsung oleh Pj Bupati Buton, Drs. La Ode Mustari didampingi Sekda Buton, Asnawi Jamaludin dan Kadis Kesehatan Buton, Syafarudin, S.KM,.M.Kes.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Buton, La Ode Mustari mengatakan, bantuan mobil Ambulance itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di daerah Kabupaten Buton.

“Bantuan mobil Ambulance untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di Buton, saya apresiasi Kadis Kesehatan, lincah sekali, hingga mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus,” katanya.

Ia berharap, mobil bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sebab, dahulu tenaga medis sulit untuk mengantar pasien di Puskesmas, bekerja dengan peralatan yang sangat sederhana. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi semakin canggih sarana prasarana kesehatan semakin baik dan meningkat.

Sekwan DPRD Sultra itu mengatakan, ada tiga pelayanan dasar yang menjadi  prioritas pemerintah yakni bidang kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat.

“Tiga ini yang jadi prioritas pemerintah,  semoga dengan adanya bantuan dapat bermanfaat. Saya dan Pak Sekda akan terus mendorong peningkatan sarana prasarana kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, kalau perlu jemput bola,” ujarnya.

“Pemerintah harus meningkatkan pelayanan, melayani dengan hati, tulus dan ikhlas pasti pekerjaan akan terasa ringan, sebaliknya seringan apapun pekerjaan akan terasa berat jika kita tidak tulus,” sambung Mustari.

Kadis Kesehatan Kabupaten Buton, Syafarudin S.KM,.M.Kes mengatakan, tahun 2024 ini ada delapan puskesmas yang mendapat bantuan mobil Ambulance . Dan di tahun 2025 direncanakan tujuh  Puskesmas lagi akan mendapatkan bantuan yang sama.

“Bantuan untuk delapan Puskesmas dengan total dana 4,5 miliar berasal dari DAK Kementerian Kesehatan,” katanya.

Bantuan delapan mobil Ambulance tersebut lanjut Kadis Kesehatan, disebar di delapan Puskesmas yaitu Puskesmas Siotapina, Puskesmas Pasarwajo, Puskesmas Lasalimu, Puskesmas Lawele, Puskesmas Kumbewaha, Puskesmas Wakaokili, Puskesmas Wajah Jaya dan Puskesmas Lasalimu Selatan.

“Ini untuk delapan Puskesmas, bagi Puskesmas yang belum mendapatkan bantuan akan diupayakan di tahun 2025 sebanyak tujuh puskesmas lagi,” sebutnya.

Lebih lanjut Syafarudin mengatakan, terdapat 15 Puskesmas di Kabupaten Buton dan semua sudah memiliki Ambulance. Namun, rata-rata sudah berusia 10 tahun sehingga Dinas Kesehatan mengupayakan Ambulance baru di tahun 2024 untuk delapan Puskesmas.

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Kumbewaha, Hamrullah Hasan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Buton khususnya Dinas Kesehatan atas bantuan mobil Ambulance tersebut. Sebab, selama ini Puskesmas Kumbewaha hanya memiliki satu Ambulance.

“Mobil Ambulance ini sangat membantu utamanya dalam pelaksanaan tugas para tenaga medis, pasalnya jika kegiatan bersamaan waktunya maka pelayanan kesehatan juga terhambat,” katanya.

Penulis: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *