Menteri ESDM Ungkap Harta Karun Incaran Dunia Ada di Buton

TERAWANGNEWS.com, JAKARTA – Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengungkap, beberapa wilayah menyimpan potensi minyak yang besar. Ia pun mendorong agar pengembangannya terus dikebut. Arifin menyebut, potensi minyak itu di antaranya berada di Blok Cepu.

“Kita sih sudah dorong minyak tuh yang di Cepu, kita dorong cepetin tuh clastics. Clastics kan lagi dibor, mulai bulan ini kalau nggak salah. Ada dua sumur yang mau dibor, kalau dari studi seismiknya ya potensinya cukup signifikan ya,” kata Arifin di Gedung Migas, Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Ia melanjutkan, pihaknya juga mendorong pengembangan migas non konvensional (MNK) di Blok Rokan. Dia mengatakan, pengembangannya sempat terkendala karena adanya banjir.

“Kemudian yang juga lagi kita upayakan itu yang non konvensional ya, yang di Rokan dalam, itu jumlahnya cukup, target yang dua sumur kemarin kan diserang air jadi banjir kemarin tuh, shutdown dulu,” katanya.

Arifin juga mengatakan, ada potensi minyak besar di Buton, Sulawesi Tenggara. Dia menyebut, minyak yang tersimpan sebesar 5 miliar barel dengan kategori ‘minyak berat’.

“Satu lagi berprospek itu di Buton, offshore Sulawesi Tenggara,” ujar Arifin.

“Kita lagi dorong Pertamina untuk segera mendevelop lapangan Buton, minyaknya minyak berat, tapi jumlahnya gede, potensinya bisa 5 miliar, kalau bisa diambil 20%-nya saja sudah 1 miliar barel. Nah ini kita dorong supaya ini bisa dipercepat,” katanya.

Sumber: Detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *