Plt Kadis Pendidikan Ungkap Penyebab SD Terendam Banjir di Buton

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Plt Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Harmin sebut penyebab banjir di SD Negeri 52 Buton di Desa Kumbewaha, Kecamatan Siotapina karena saluran air di desa tersebut tersumbat.

“Saya sudah konfirmasi ke kepala bidang, ternyata minggu lalu sudah dapat informasi, dan ditelusuri banjir ini karena saluran air lingkungan yang ternyata jalurnya sekolah itu,” katanya melalui telepon, Sabtu (4/5/2024) pagi.

“Cuman saluran air pembuangan di laut itu tersumbat tidak mampu menampung air mengalir ini. Jadi saluran dari lingkungan desa itu kena sekolah,” sambungnya.

Untuk itu lanjut Harmin, pihaknya melalui Kepala Bidang Dikdas, Halimin sudah menyampaikan kepada pihak sekolah dan pemerintah desa setempat agar mengajukan usulan pembuatan drainase atau semacamnya yang ditujukan kepada Dinas PUPR Kabupaten Buton.

“Jadi kepala bidang sudah kastau kepala sekolah dan pemerintah desa untuk usulkan ke PU supaya kerjasama. Karena di Dinas Pendidikan hanya menangani sarana dan prasarana sekolah tapi saluran air di lingkungan itu di PU dan barang kali di desa,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, akibat banjir di tersebut, siswa siswi terpaksa tidak bersekolah dan itu sudah berlangsung sekira satu minggu.

Penulis: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *