Lia Umar Samiun Bakal Naikan Honor RT/RW dan Kader Posyandu Jika Terpilih Walikota Baubau

TERAWANGNEWS.com, BAUBAU – Bakal calon (balon) Walikota Baubau, Lia Umar Samiun berkomitmen untuk menaikkan intensif atau honor Ketua RT/RW jika kelak dipercaya dan terpilih menjadi Walikota Baubau pada perhelatan Pilwali Baubau 27 November 2024. Hal itu diungkapkan Tim Kerja Kamali (Kami Bersama Lia), Gunardih Eshaya.

Dikatakan Gunardih Eshaya, dalam mencalonkan diri sebagai Walikota Baubau, Lia Umar Samiun tidak hanya menebar alat peraga kampanye (APK) seperti baleho dan sebagainya, tetapi juga menjual program yang akan dilaksanakan kepada para wajib pilih jika mendapat kepercayaan menjadi walikota Baubau.

Menurut Tim Kerja Kamali, RT/RW adalah garda terdepan dan ujung tombak pelayanan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Baik ketua RT maupun ketua RW memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar, mulai dari menjaga keamanan dan ketertiban hingga menyosialisasikan program pemerintah.

Selain menaikan honor, RT/RW juga akan diberi fasilatas BPJS Ketenagakerjaan. Diungkapkan Gunardih Eshaya, hal itu bukan tidak mungkin karena pada beberapa daerah dan wilayah, telah memfasilitasi RT/RW dengan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan ini memiliki banyak manfaat. Seperti keselamatan kerja dan jaminan kematian. Ini adalah bentuk perlindungan dan kepada para ketua RT/RW, yang telah bekerja memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“Disini jaminan Sosial ketenagakerjaan masih identik sama pekerja formal, sementara pekerja informal seperti ketua RT dan ketua RW belum banyak tersentuh. Tentunya hal ini semua dilakukan sebagai bentuk komitmen dalam peningkatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Jadi RT/RW harus di dukung,” beber Gunardih Eshaya, Senin (6/5/2024).

Selain itu kata Gunardih Eshaya, Lia Umar Samiun juga akan memberikan perhatian besar kepada para kader posyadu, dimana selama ini minim menadapat perhatian, terutama dalam hal honor.

“Untuk teknis pelaksanaan dan besaran honor yang akan diberikan, masih akan dikalkulasi merujuk jumlah PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang dihasilkan. Jelasnya, ibu Lia punya komitmen dan perhatian besar terhadap para RT/RW kita,” tutup Gunardih Eshaya.

Diketahui, saat ini honor ketua RT di Kota Baubau sebesar Rp350 ribu. Sedangkan Ketua RW sebesar Rp400 ribu. Honor itu diserahkan per triwulan.

Penulis: Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *