Setelah 183 Tahun, Masjid Ini Kembali Dibuka

0
42

TerawangNews.com, Athena – Setelah bertahun-tahun penundaan yang disebabkan oleh birokrasi, pemunduran, dan penentangan dari faksi agama dan politik, masjid pertama yang didanai pemerintah di Athena sejak 1833 membuka pintunya bagi jamaah untuk salat Jumat kemarin (6/11/2020).

Ratusan ribu Muslim, dari negara-negara termasuk Pakistan, Suriah, Afghanistan, dan Bangladesh, tinggal di Athena, tetapi kota INI belum memiliki masjid resmi sejak Ottoman tak lagi memerintah hampir 200 tahun yang lalu.

Rencana membangun masjid di Athena dimulai pada tahun 1890 tetapi butuh waktu puluhan tahun untuk terwujud karena berbagai faktor.

Di tengah wabah virus corona, hanya sedikit jamaah, sambil mengenakan masker dan duduk berjauhan karena larangan virus corona, yang menghadiri salat.

“Ini adalah momen bersejarah bagi komunitas Muslim yang tinggal di Athena, kami telah menunggu masjid ini begitu lama,” kata Heider Ashir, anggota dewan pengurus masjid, seperti dikutip dari rri.co.id, Sabtu (7/11/2020). 

“Alhamdulillah, akhirnya kami punya masjid yang terbuka dan kami bisa salat disini dengan leluasa.”

Di bawah penguncian untuk mengekang lonjakan infeksi virus corona, pertemuan untuk ibadah formal akan dilarang mulai hari ini hingga 30 November.

“Kami akan salat di rumah, dan segera setelah penguncian selesai, masjid akan dibuka kembali untuk jamaah,” kata Ashir.

Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul “Masjid di Athena Dibuka Setelah 183 Tahun” (Ali).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here