9 Manfaat Daun Sirsak, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini

0
186

TerawangNews.com, – Daun sirsak disebut-sebut sebagai tanaman ajaib untuk mengatasi beragam penyakit. Bahkan kandungannya disebut efektif mengatasi asam urat hingga penyakit kanker.

Sirsak atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Annona muricata merupakan sejenis pohon cemara berbunga. Sirsak sangat populer di tempat asalnya di Amerika Tengah, Afrika, dan Asia Tenggara.

Daun sirsak mengandung hampir nol kalori dan memiliki sejumlah vitamin dan mineral seperti yang terdapat dalam buah.

Karena daunnya memiliki sangat sedikit kalori namun tinggi nutrisi, daun sirsak aman dikonsumsi setiap hari demi mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Selain itu, nutrisi penting lainnya yang ditemukan dalam daun sirsak antara lain zat besi, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C, asam gentilis, annonacin, annocatalin, dan anonol yang berfungsi sebagai penambah alami sistem kekebalan tubuh.

Dengan banyak kandungan tersebut, tak mengherankan jika daun sirsak memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Berikut manfaat daun sirsak bagi kesehatan yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Hambat Perkembangan Sel Kanker 

Berdasarkan penelitian, daun sirsak dapat menargetkan dan membunuh berbagai jenis kanker, di antaranya kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker mulut, kanker payudara, leukemia, dan kanker prostat.

Komponen aktif di dalam daun sirsak bekerja 10.000 kali lebih kuat membasmi kanker dan tanpa efek samping.

Cara menikmati daun sirsak ialah dengan meminum rebusan daun sirsak setiap hari.

Air rebusan itu mengandung banyak kandungan aktif dan protein, kalsium, vitamin, dan lainnya yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membuat sel kanker sulit berkembang.

2. Stabilkan Gula Darah

Diabetes adalah salah satu penyakit paling berbahaya yang diakibatkan lonjakan kadar gula darah.

Dampak jangka panjang diabetes meliputi kerusakan pada arteri dan pembuluh darah besar dalam jantung, menyebabkan kebutaan, gagal jantung, bahkan kerusakan saraf atau mikrovaskuler.

Kandungan nol kalori dalam daun sirsak dapat menstabilkan gula darah dan mempertahankan kadar glukosa dalam kisaran normal.

Selain menurunkan kadar glukosa, daun sirsak bisa menyembuhkan luka yang sulit sembuh bagi penderita diabetes sekaligus mencegah infeksi dengan meningkatkan sistem imun tubuh.

3. Meringankan Reumatik dan Asam Urat

Reumatik dan asam urat adalah dua penyakit radang sendi paling sering dialami oleh orang lanjut usia. Reumatik dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat parah dan lama sembuhnya sehingga bisa menghambat menjalani aktivitas sehari-hari.

Dengan mengompres air rebusan daun sirsak di daerah yang terasa sakit dapat mengurangi ketidaknyamanan dan bengkak akibat reumatik.

Kandungan aktif dalam daun dapat bekerja sebagai penghilang rasa sakit dan anelgesik yang memberikan efek menenangkan.

Jika dioleskan secara teratur, bengkak pada persendian akan berangsur berkurang karena kandungan antiinflamasi dalam daun sirsak.

4. Meredakan Sakit Punggung

Khasiat daun sirsak direbus adalah mengatasi sakit punggung tanpa efek samping.

Jika ingin mengonsumsi air rebusan daun sirsak, ambil 20 lembar daun sirsak dan campurkan ke dalam 5 gelas air mendidih.

Rebusan daun sirsak telah dikenal efektif mengurangi rasa sakit di punggung ketika dikonsumsi setidaknya satu kali setiap hari.

5. Menyembuhkan Tukak Lambung

Tukak lambung adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat lapisan dinding lambung yang terkikis. Luka ini juga berpotensi muncul pada dinding bagian pertama usus kecil serta kerongkongan.

Tukak lambung dapat menyebabkan rasa nyeri pada lambung atau bahkan pendarahan.

Daun sirsak adalah obat yang sangat baik untuk mengobati luka lambung karena zat-zat dalam daun sirsak yang dapat mengurangi peradangan dan membunuh rasa sakit.

Selain itu, daun sirsak mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan tukak lambung.

6. Menurunkan Kolesterol Jahat

Peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi, kurang olahraga, kebiasaan merokok, dan terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa senyawa yang terkandung dalam daun sirsak sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Mencegah Penuaan Dini

Selain memberikan dampak kesehatan dari dalam, ternyata air rebusan daun sirsak mampu mempercantik kulit. Melansir thebenefits.com, daun sirsak kaya zat besi, vitamin A dan C.

Kandungan tersebut merupakan manfaat daun sirsak untuk kecantikan yang membantu menghilangkan sel kulit mati, mencegah penuaan, dan menghilangkan radikal bebas penyebab kerutan dan pigmentasi.

Ditambah lagi zat antibakteri yang mampu membuat kulit bersih dan cerah.

8. Melawan Infeksi Virus dan Bakteri

Daun sirsak mengandung agen antivirus dan antibakteri yang bisa membunuh dan mencegah serangan bakteri dan virus yang berkembang dalam tubuh.

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri yakni flu, AIDS, diare, demam, dan infeksi pascaamputasi.

Daun sirsak yang kaya nutrisi ini dapat meningkatkan sistem imun yang dapat membantu tubuh kita melawan serangan virus dan bakteri.

Air rebusan daun sirsak dapat Anda konsumsi untuk penyembuhan dari dalam atau mengoleskannya di daerah luka sebagai obat antiseptik.

9. Mengatasi Insomnia

Orang Belanda sudah mengenal manfaat daun sirsak untuk mencegah insomnia. Mengonsumsi air rebusannya dipercaya bisa mendatangkan rasa kantuk.

Bau daun sirsak yang bekerja layaknya aromaterapi dapat memberikan efek menenangkan dan mengendurkan otot yang tegang di malam hari akibat seharian beraktivitas.

Konsumsilah secangkir teh daun sirsak setiap malam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas sekaligus menghindarkan diri dari stres.

Sumber: CNN Indonesia

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here