Bahas Solusi Tenaga Kerja Asal Kepton di Luar Negeri, La Bakry Rakor Bersama Kemenlu di Jakarta

0
206

TERAWANGNEWS.COM, JAKARTA – Bupati Buton, La Bakry mengikuti rapat koordinasi (rakor) bersama di Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia (RI), Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Rakor tersebut dihadiri oleh sejumlah kementerian dan lembaga terkait, antara lain Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Tenaga Kerja, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Badan Intelijen Strategis (BAIS).

Pada kegiatan itu, La Bakry dan kementerian serta lembaga terkait membahas tentang solusi terhadap banyaknya tenaga kerja Indonesia di Malaysia, terutama yang berasal dari Kepulauan Buton (Kepton).

Menurut La Bakry, tenaga kerja khususnya yang berasal dari Kepton ada pelaut yang bekerja sebagai anak buah kapal pencari ikan yang sering disandera gerilyawan Abu Sayyaf di Filipina Selatan.

“Dalam rangka membahas solusi terhadap banyaknya tenaga kerja Indonesia di Malaysia terutama yang berasal dari Kepulauan Buton. Mereka ada pelaut yang bekerja sebagai anak buah kapal pencari ikan yang sering disandera oleh gerilyawan Abu Sayyaf di Filipina Selatan,” kata La Bakry melalui WhatsApp, Kamis (8/4/2021) malam.

Salah satu hasil rakor tersebut lanjut orang nomor satu di Kabupaten Buton ini yaitu, program jangka pendek, seperti sosialisasi kepada masyarakat pencari kerja dan peningkatan keterampilan.

“Sedangkan untuk jangka panjangnya, khusus para nelayan adalah bantuan kapal minimal ukuran 30 GT,” ujarnya.

Ketua DPD II Golkar Buton ini menambahkan, bahwa dirinya sudah melaporkan hal tersebut kepada Gubernur Sultra, Ali Mazi.

“Saya juga sudah melaporkan kepada Gubernur Sultra, karena salah satu rekomendasi yang disepakati adalah usulan gubernur dalam Musrembang Nasional sehingga bisa disahuti oleh kementerian teknis di Jakarta,” bebernya.

Kabupaten lain yang diundang dalam rakor tersebut adalah dua daerah dari Sultra yaitu Kabupaten Wakatobi dan Kota Baubau, serta Kabupaten Kepulauan Selayar dan Kabupaten Majene, Sulawesi Selatan (Sulsel).

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here