Nilai-nilai Pancasila Harus Terus Digelorakan dan Diimplementasikan

0
27

TERAWANGNEWS.com, – Pimpinan daerah dan Forkopimda Kabupaten Buton mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 secara virtual dari Gedung Pancasila, Jakarta, di Aula Kantor Bupati Buton, Selasa 1 Juni 2021 pagi.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Presiden Joko Widodo dengan mengenakan pakaian adat salah satu daerah di Indonesia. Upacara ini juga disiarkan melalui kanal YouTube, laman Facebook, Instagram dan TVRI.

Selain Bupati Buton, turut mengikuti upacara Wakil Bupati Buton Iis Elianti, Kapolres AKBP Gunarko, S.IK., M.Si, Kajari E. R. Wiranto, SH., MH., yang mewakili Dandim 1413 Buton, Danramil Pasarwajo Kapten Inf. Isnadi Edi Darmawan, yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri Buton Tulus Pardosi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Buton Alimani, S.Sos., M.Si, staf ahli dan para kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buton.

Semua peserta upacara nampak mengenakan pakaian adat Kabupaten Buton, kecuali TNI/ Polri, Kejaksaan, dan Pengadilan Negeri seragam menyesuaikan dilengkapi dengan kampurui sebagai hiasan kepala.

Dalam amanatnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan, walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah ringan.

“Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas antar pandangan dan antar ideologi. Perkembangan Iptek mempengaruhi konsentrasi ideologi. Ketika konektivitas melanda dunia maka interaksi antar dunia semakin mudah dan cepat sehingga tidak dapat dipungkiri ideologi trans nasional dan radikal dapat masuk ke seluruh daerah di Indonesia”, tegas pasangan KH. Ma’ruf Amin ini.

Menurut orang nomor satu di Indonesia tersebut, dalam menghadapi semua tantangan dewasa ini perlu pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak dengan cara-cara biasa. Sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jokowi mengajak jajaran Pemda, tokoh agama, tokoh pendidik, generasi muda dan seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dengan membumikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Usai mengikuti upacara, Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si mengungkapkan, nilai-nilai Pancasila harus terus digelorakan dan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara hingga menyentuh sendi-sendi kehidupan kita sehari-hari.

“Berkaitan dengan Hari Lahir Pancasila ini mengingatkan kita kembali terhadap nilai-nilai luhur bangsa yang hari ini kita peringati. Harapan Saya sebagai kepala daerah maupun diri pribadi, hendaknya nilai nilai Pancasila bisa kita aplikasikan, bisa kita internalisasi dalam kegiatan sehari-hari, organisasi pemerintahan dan kemasyarakatan”, pungkas politisi Golkar ini.

Lebih lanjut orang nomor satu di Buton tersebut mengatakan, prinsipnya untuk kebaikan bangsa dan negara, Pancasila untuk terus kita gelorakan dan kita masyarakatkan sehingga Indonesia tidak tercabut dari akar nilai dan budayanya sepanjang masa (***).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here