Benteng Keraton Wolio Masuk Nominator API 2021

TERAWANGNEWS.com, – Benteng Keraton Wolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara berhasil masuk sebagai nominator peraih Anugerah Pesona Indonesia(API) ke-6 tahun 2021 untuk kategori destinasi situs sejarah.

Kepastian tersebut didapat setelah melalui proses seleksi oleh panitia penyelenggara dari ribuan potensi wisata yang diusulkan berbagai daerah.

Sebelumnya Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Baubau mengajukan tiga potensi wisata pada API 2021 meliputi Muara Lakalogou untuk kategori destinasi surga tersembunyi, Benteng Keraton Wolio kategori destinasi situs sejarah serta Ikan Molo kategori makanan tradisional.

Kepala Dispar Baubau, Ali Arham mengungkapkan dari tiga potensi wisata yang diusul itu, Benteng Keraton Buton yang berhasil masuk sebagai nominator untuk kategori destinasi situs sejarah.

“Jadi kita bersaing ini hanya satu kategori dari tiga kategori yang kita usul. Jadi kita masuk kategori 12 yakni kategori situs sejarah untuk Benteng Keraton Wolio,”ungkap Ali Arham Ali Arham, Senin(21/6/2021).

Ali mengatakan, selanjutnya Benteng Keraton Buton akan bersaing dengan sembilan destinasi kategori situs sejarah lainnya yang juga berhasil masuk sebagai nominator yakni Candi Ijo di kabupaten Sleman, Istana Mini Banda Naira kabupaten Maluku Tengah, Megalitik Batu Brak kabupaten Lampung Barat, dan destinasi Megalitik Besemah Kota Pagaralam.

Kemudian, Museum Buya Hamka kabupaten Agam, Situs Gajah Mada kabupaten Sabu Raijua, Taman Arkeologi Onrust kabupaten Kepulauan Seribu, Taman Narmada kota Mataramdan Tundrumbaho Kabupaten Nias Selatan.

“Dari beberapa nominator itu, yang meraih dukungan terbanyak akan menjadi pemenangnya. Karena ini dipilih oleh masyarakat baik melalui SMS, Instagram dan Youtobe,” ungkapnya.

Ali berharap dukungan dari masyarakat untuk mengantarkan Benteng Keraton Wolio meraih posisi pertama diajang API 2021. Sebab, persaingan akan dilakukan dengan sistem pemungutan suara (voting) yang dimulai 1 Juli sampai dengan 31 Oktober 2021.

Masyarakat kata Ali, bisa memberikan dukungannya untuk Benteng Keraton Wolio melalui SMS dengan ketik API12A kirim ke 99386, atau bisa vote di instagram @ayojalanjalanindonesia serta melalui Youtube Channel APIaward.

API sendiri merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Sekaligus mendorong peran serta berbagai pihak dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif ditiap daerah.

Sumber: rri.co.id
(al) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *