Amankan Limbah Masker, Dinkes Buton Bakal Lakukan Sosialisasi

0
94

TERAWANGNEWS.com, – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara akan melakukan sosialisasi terkait limbah masker yang berserakan di di pinggiran jalan agar dibuang pada penampungan sampah yang telah tersedia.

Kepala Bidang Bina Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Buton, Waode Kiana Fardiah mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus Covid-19 yang diduga juga melalui limbah masker tersebut.

“Karena tidak menutup kemungkinan penyebaran dari pada virus yang lagi mewabah sekarang ini juga berawal dari sana, ketika maskernya itu dipegang oleh orang lain dipungut orang lain. Jadi memang harusnya diamankan tersendiri sehingga tidak terjadi infeksius kepada orang lain,” katanya saat dikonfirmasi di kantornya, Rabu, (22/6/2021).

Untuk itu, pihaknya akan bekerjasama dengan sejumlah puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Buton supaya bersama-sama melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait keamanan limbah masker tersebut.

“Tentang masker yang berserakan dimana-mana ini memang merupakan satu PR bagi kami pihak Dinas Kesehatan untuk mensosialisasikan lagi tentang limbah-limbah dari pada masker ini dan saya di Bidang P2 akan berkoordinasi dengan Bidang Kesmas kebetulan disana adalah satu bidang yang bisa mempromosikan,” ujarnya.

“Kita akan bekerjasama dengan mereka untuk mensosialisasikan kembali bagaimana pemakaian dan pembuangan dari pada masker ini sehingga bisa terarah daripada pembuanagan akhir dari pada masker-masker itu sendiri,” sambungnya.

Ia berharap, khususnya kepada masyarakat yang menggunakan masker sekali pakai atau masker medis setelah digunakan agar dibuang di tempat sampah atau dengan cara dibakar.

“Harusnyakan, di tempat sampah yang ada di masyarakat di rumah itu harusnya sudah bisa diamankan disitu, kemudian dibuang di tempat sampah yang terpusat yang sudah ditentukan oleh masyarakat, bisa juga mungkin langsung dibakar,” sarannya.

(ras/al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here