Satukan Pemahaman, Pemkab Buton Gelar Rakor Bersama Soal Pilkades Serentak

0
109

TERAWANGNEWS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama para panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Auala Kantor Bupati Buton, Selasa (6/7/2021).

Rapat tersebut dihadiri oleh para panitia di 23 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak pada 2021 ini.

Dalam sambutannya, Bupati Buton, La Bakry mengatakan, rakor yang dilaksanakan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menyamakan persepsi hukum serta pemahaman lainnya terkait regulasi dan teknis pelaksanakan Pilkades dengan para panitia Pilkades di tingkat desa.

“Pelaksanaan rapat koordinasi hari ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Buton untuk menyamakan presepsi hukum serta pemahaman lainnya terkait regulasi dan teknis pelaksanaan pemilihan kepala desa dengan panitia pemilihan kepala desa ditingkat desa,” katanya.

Tak hanya itu, rakor tersebut juga dimaksudkan agar risiko atau celah yang dapat menimbulkan sengketa tahapan dalam pelaksanaan Pilkades di wilayah Kabupaten Buton ini dapat dihindari.

Mengingat pelaksanaan Pilkades dilaksanakan dimasa pandemi Covid-19 dewasa ini, La Bakry mengimbau kepada para peserta dan panitia Pilkades agar tetap mematuhi protokol kesehatan disetiap tahapan Pilkades.

Sebelum mengakhiri sambutannya, suami Delya Montolalu ini berpesan kepada seluruh panitia Pilkades, baik di tingkat kabupaten, khususnya di tingkat desa, agar senantiasa dapat memperhatikan setiap tahapan Pilkades dengan cermat serta memegang teguh regulasi yang telah ditetapkan.

”Karena kesuksesan pelaksanaan pemilihan kepala desa saat ini ada di pundak bapak/ibu, saudara-saudari (Panitia Pilkades-red) semua,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rapat itu diantaranya, Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, perwakilan Polres Buton, serta perwakilan Kejaksaan Negeri Buton.

(ras/al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here