Tak Punya Biaya Operasi ke Makassar, Balita Penderita Benjolan di Kepala Terpaksa Bertahan di RSUD Buton

TERAWANGNEWS.com, Buton – Seorang anak di Bawah Lima Tahun (Balita) Fahrin Sufardi (14) bulan, terpaksa harus bertahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) karena penyakit yang dideritanya harus dioperasi dan butuh biaya yang cukup besar.

Hal itu diungkapkan ayah pasien Fardi (34) yang beralamat di Jalan Baru, Lingkungan Bahali, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton.

Rencananya lanjut Fardi, anaknya tersebut akan dirujuk ke Makassar untuk dilakukan operasi namun terkendala dibiaya perjalanan dan tempat tinggal di Makassar.

“Sakit kepala ada benjolan di belakangnya, rencana mau dioperasi cuma itu, biaya,” katanya saat dikonfirmasi melalui telepon, Senin (26/7/2021).

Menurut dia, penyakit yang dialami anaknya itu dirasakan sejak lahir. Terlihat ada benjolan di bagian kepalanya dan saat ini sedang dirawat di RSUD Kabupaten Buton.

“Dikena sejak lahir sudah ada benjolan di kepala, sudah tiga hari dirumah sakit,” ungkapnya.

Sementara itu, Dokter Spesialis Anak, dr. Hayun menyebutkan, penyakit yang dialami Fahrin saat ini diduga merupakan infeksi pada otak.

“Miningifasolokel ada benjolan di
kepala, bukan tumor sebenarnya itu karena ada defek di bagian kepala sehingga dia keluar sebagian-sebagian selaput otaknya,” katanya melaui telepon, Senin (26/7/2021).

“Kita cuma penanganan infeksinya saja kan takutnya dia infeksi otak karena kan sudah ada luka begitu,” sambungnya.

Saat ini, lajut Hayun, di RSUD Kabupaten Buton belum mempunyai dokter spesialis saraf yang ada hanya dokter ahli bedah umum.

“Kalau di rumah sakit sendiri dokternya tidak ada bedah saraf to, kan harus bedah saraf bukan bedah umum, kalau kita kan ini di Kepton hanya dokter ahli bedah umum,” sebutnya.

Atas dasar itu lanjut Hayun, pihaknya akan merujuk balita tersebut ke rumah sakit yang ada di Makassar.

“Kecuali rujuk ke bedah saraf, di Makassar itu kan saya Konsult kebedah tapi bedah sarankan rujuk ke bedah saraf Makassar,” jelasnya.

“Kalau kita kan pasti merujuk ada rujukan cuma kan orang tua belum bersedia, persoalan biaya mungkin,” pungkasnya.

Sekedar informasi, bagi yang ingin membantu biaya pengobatan dan biaya lainnya, silahkan hubungi kontak person Pak Fardi (ayah pasien-red) di 0822-5103-5411.

Reporter: Rasmin Tara

Editor: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *