Lantik Puluhan Kepala Sekolah, Bupati Buton Geram, Ternyata Ini Penyebabnya

0
681

TERAWANGNEWS.com, Buton – Bupati Buton, Drs. La Bakry memberi peringatan keras kepada 51 kepala sekolah (Kasek) yang baru saja dilantik di Aula SMPN 2 Buton, tepatnya di Kelurahan Wakoko, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (12/10/2021).

Peringatan itu disampaikan La Bakry lantaran merasa kesal dengan salah seorang oknum kepala sekolah yang mengaku telah membayar jabatan tersebut.

“Awas saya dengar, dan ini bikin kesal saya, kepala sekolahnya yang ngomong, kalau orang diluar okelah anggap saja fitnah. Ini kepala sekolahnya yang ngomong,” kata La Bakry saat menyampaikan sambutannya, Selasa (12/10/2021).

Selain itu, ia juga mendapatkan informasi bahwa, ada beberapa oknum kepala sekolah mengaku pernah membayar sejumlah uang untuk mendapatkan jabatan yang diinginkan.

“Lalu ada kepala sekolah yang bilang kami setor uang, kami bayar, dan itu keluar dari mulutnya kepala sekolah,” ungkapnya.

“Dan itu berkembang katanya ada yang 15 juta, ada yang 20 juta,” sambungnya.

Menurut La Bakry, selama menjabat sebagai Bupati, ia merasa tidak pernah meminta apapun atas tandatangan yang pernah dilakukannya.

“Tidak pernah sekalipun, satu rupiahpun, mana uangnya ini, dan saksinya mereka (Sekda, BKD, Kadis-red) sama Allah SWT dan Malaikat. Setau saya ketika saya disetorkan, setelah Pak Sekda paraf terakhir BKD dan Dinas saya tidak pernah meminta uang satu Rupiahpun,” akuinya.

“Dan pasti asumsinya orang itu Bupati, karena Bupati yang tanda tangan,” katanya lagi dengan nada kesal.

Untuk itu, ia tegaskan kepada kepala sekolah yang baru saja dilantik agar tidak membangun asumsi di masyarakat yang dapat memojokan dirinya selaku Bupati.

“Dan hari ini saya sampaikan sejak awal jangan sampai saya dengar dari mulutnya anda-anda. Kepala sekolah ini kami bayar, menjadi kepala sekolah ini kami bayar,” tegasnya.

Ketua DPD II Golkar Buton ini menyarankan, jika ada oknum kepala sekolah yang merasa sudah menyetor sejumlah uang, agar disampaikan kepada dirinya.

“Kalau ada kepala sekolah yang setor uang sampaikan kepada saya,” pintanya.

Untuk diketahui, hadir dalam pelantikan itu diantaranya, Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, Sekda Buton, La Ode Zilfar Djafar, Perwakilan DPRD Buton, Sabaruddin Paena, Asisten 1 Alimani, Kadis Pendidikan, Harmin, serta perwakilan OPD.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here