Undang Para Kades se-Kecamatan Siotapina, Kapolsek Sampuabalo Bahas Soal Situasi Kamtibmas

0
118

TERAWANGNEWS.com, Buton – Kapolsek Sampuabalo, IPTU Herman Mota, SH mengundang seluruh kepala desa (Kades) se-Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) di Mako Polsek Sampuabalo, Senin (18/10/2021) pagi.

Hal itu bertujuan untuk membahas situasi Kamtibmas di wilayah desa masing-masing.

Dalam diskusi itu, seluruh kepala desa atau perwakilan pemerintah desa diberi kesempatan untuk menjabarkan situasi Kamtibmas di desa mereka masing-masing.

Informasi Kamtibmas yang disampaikan pun beragam, mulai dari masalah peredaran miras, tapal batas, knalpot racing, sengketa tanah, hingga persoalan tambang galian C.

Selain itu, mekanisme untuk mendapatkan izin keramaian pun juga dibahas dalam diskusi tersebut.

Terlepas persoalan yang ada, para kepala desa mengaku bahwa, situasi Kamtibmas di wilayah mereka masing-masing masih aman dan kondusif.

Menanggapi hal itu, Herman Mota memberikan beberapa catatan penting, khususnya persoalan peredaran miras dan maraknya penggunaan knalpot racing.

Menurutnya, peredaran miras dan penggunaan knalpot racing merupakan salah satu pemicu terjadinya konflik di tengah-tengah masyarakat.

“Soal miras dan knalpot racing ini nanti kita akan lakukan operasi, karena memang ini bisa jadi pemicu terjadinya konflik di masyarakat, apalagi persoalan miras ini,” katanya.

Terkait persoalan lainnya lanjut Herman Mota, pihaknya dan para kepala desa akan terus membangun komunikasi untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada, seperti persoalan tapal batas, tambang galian C dan masalah-masalah lainnya.

“Jadi nanti kita akan berkoordinasi lagi soal ini, dan saya juga nanti akan turun di setiap desa, dan saya harap kepala desa nanti kalo ada waktunya kumpul masyarakat supaya saya datang untuk memberikan semacam pencerahan dan peringatan ataupun himbauan-himbauan agar situasi Kamtibmas bisa tetap kondusif,” jelasnya.

Diakhir diskusi, Herman Mota tak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh kepala desa atas partisipasi mereka dalam memenuhi undangannya untuk membahas situasi Kamtibmas di wilayah desa masing-masing.

“Saya ucapkan terimakasih banyak kepada bapak-bapak yang hadir hari ini karena telah memenuhi undangan kami,” tutupnya.

Untuk diketahui, selain para kepala desa, Kepala Puskesmas Siotapina dan Kumbewa juga turut hadir dalam diskusi tersebut.

Kehadiran mereka juga dalam rangka memenuhi undangan Kapolsek Sampuabalo untuk sama-sama membahas dengan para kepala desa se-Kecamatan Siotapina mengenai persiapan pelaksanaan vaksinasi yang akan diselenggarakan Polres Buton, dipusatkan di Permandian Baaluwu atau Permandian Kolam Desa Matanauwe pada Sabtu (23/10/2021) mendatang.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here