HPN di Kendari Bakal Dihadiri Duta Besar Negara-negara Sahabat, Ketua PWI Sultra: HPN Bukan Memenuhi Dahaga Hura-hura

TERAWANGNEWS.com, Kendari – Hari Pers Nasional (HPN) yang akan dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 9 Februari 2022 mendatang bakal dihadiri para Duta Besar (Dubes) negara-negara sahabat.

Kehadiran para Dubes tersebut akan menjadi ajang strategis membangun kemitraan berkelanjutan.

Hal ini diungkapkan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra, Sarjono melalui rilisnya, Senin (10/1/2022) pagi.

“PWI mengharapkan pemerintah daerah Sultra, bupati/walikota menangkap peluang dari momen HPN yang menghadirkan para Dubes berbagai negara sahabat,” kata Sarjono.

Misi utama PWI menghadirkan perhelatan akbar HPN lanjut Sarjono, bukan untuk memenuhi dahaga hura-hura tetapi PWI berbuat konkrit mendorong kapasitas daerah.

“Saat ini Sultra menjadi episentrum dunia tentang sumber daya alam khususnya sektor pertambangan dan energi tetapi kita akan akan menjadi penonton kalau tidak inovatif dan kreatif,” kata Sarjono yang akrab disapa Kopral Jono ini.

Untuk itu kata Kopral Jono, kehadiran para Dubes diharapkan bisa dimanfaatkan oleh para kepala daerah dan pelaku dunia usaha untuk membangun kemitraan.

“Contoh, Kabupaten Buton yang menyimpan potensi aspal terbaik dunia kiranya menjajaki kemungkinan pemanfaatan aspal dengan negara tertentu melalui kehadiran para Dubes,” sebutnya.

“Demikian halnya dengan Konawe Kepulauan, Wakatobi dan Konawe Utata yang menyimpan destinasi wisata alam air terjun dan wisata maritim terbuka peluang kerjasama dalam hal pemasaran obyek wisata tersebut,” sambungnya.

Sarjono menambahkan, PWI Pusat merestui Sultra sebagai tuan rumah HPN setelah menerima surat kesiapan dari Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH dan Ketua DPRD Sultra H. Abdurrahman Shaleh, SH, M.Si serta pemangku kepentingan lainnya.

Seyogyanya Sultra menghelat HPN pada tahun 2021 namun karena pandemi Covid-19 maka diundur 9 Februari 2022.

Hingga saat ini 10 Dubes negara sahabat terkonfirmasi menyatakan kesediaan menghadiri HPN 9 Februari 2022 di Kota Kendari.

“Mengingat situasi saat ini masih dalam kebijakan PPKM karena pandemi maka tetap taat rotokol kesehatan,” imbaunya.

Editor: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *