Bupati Buton Serahkan Karamba Jaring Apung di 3 Desa

0
102

TERAWANGNEWS.com, Buton – Komitmen Bupati Buton, Drs. La Bakry M.Si terhadap kesejahteraan nelayan di daerah yang dipimpinnya begitu besar. Di awal tahun 2022 ini, bantuan diberikan berupa keramba jaring apung untuk perikanan budidaya.

Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Buton didampingi Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Buton, Alimani, S.Sos, M.Si serta Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buton, Rasmin Rahman, S.Pi, M.MA kepada kelompok nelayan di Kecamatan Kapontori  Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Sabtu (29/1/2022).

Penyerahan keramba sebanyak 5 unit dgn ukuran 7×11 meter diberikan untuk kelompok nelayan di 3 Desa yakni Desa Boneatiro, Boneatiro Barat dan Desa Tumada, Kecamatan Kapontori.

Dalam arahannya, La Bakry menyampaikan bantuan ini merupakan stimulan dari pemerintah daerah untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Sebelumnya, Pemkab Buton juga sudah lebih dahulu memberikan bantuan sarana dan prasarana penunjang perikanan.

“Prinsipnya bantuan diharapkan bisa di jadikan bisnis dan jangan hanya untuk konsumsi pribadi sehingga bisa mengumpulkan modal selanjutnya,” kata La Bakry.

Diharapkan, bantuan tersebut bisa digunakan dengan baik, sehingga hasilnya bisa disisihkan separuh unfuk modal dalam kurun 1 tahun, sebagai contoh 60 perswn untuk disimpan, 40 persen untuk dibagi.

“Dari bantuan 1 keramba bisa menjadi 3 keramba ditahun selanjutnya, baik yang akan dibagi secara kelompok maupun untuk bisnis sehingga diperlukan pola pikir yang demikian,” harap Ketua DPD II Golkar Buton ini.

Lebih lanjut dikatakan, untuk bodi tuna dan bodi katinting sekali menangkap diharapkan bisa meningkatkan modal untuk mencapai kesejahteraan hidup bersama sehingga di harapkan bisa digunakan untuk nelayan dalam rangka meningkatkan taraf hidup.

“Laut di Buton ini sangat melimpah, air jernih, arusnnya bagus dan sangat cocok untuk keramba dan terbukti berhasil menghasilkan perikanan yang cukup baik,” katanya.

Selain bantuan karamba dan bodi tuna tambah La Bakry, kedepan pemerintah daerah juga akan memberikan bantuan untuk pengasapan ikan.

Penulis: Tim Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here