Lantik 23 Kepala Desa, Bupati Buton Bilang Tak Ada Lagi Lawan

0
288

TERAWANGNEWS.com, Buton – Bupati Buton Drs. La Bakry melantik 23 kepala desa (Kades) terpilih saat Pilkades serentak yang digelar 4 Desember 2021 lalu.

Upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Kades terpilih periode 2022-2028 dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Buton di Takawa, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (12/2/2022) siang.

Dalam sambutannya, La Bakry mengatakan bahwa, ini pertama kali dalam sejarah Pemerintahan Kabupaten Buton melantik sekaligus 23 Kades.

“Ini pertama kali dalam sejarah Pemerintahan Buton, Kades dilantik sekaligus 23, ini dari sebuah proses panjang,” kata La Bakry.

Katanya, proses pemilihan langsung itu seni dalam berdemokrasi sebagai salah satu proses orang menentukan pilihan, maka dibutuhkan kedewasaan siapapun yang terlibat dipilih maupun terpilih harus menerimanya.

Bupati mengingatkan, agar semangat kekeluargaan di desa dalam proses penyelenggaraan pemerintahan selama enam tahun sesuai harapan masyarakat di desa.

“Tidak ada lagi lawan saat ini, semua harus diajak silaturahim dan ajak pemikirannya agar desa lebih maju agar masyarakat mendapatkan haknya sebagai warga negara,” imbaunya.

Ia menambahkan, Kades harus membangun buhungan yang baik dengan mitranya yaitu BPD, begitu juga sebaliknya BPD, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Kades tersebut turut dihadiri antara lain, Ketua DPRD Kabupaten Buton, Hariasi Salad SH, Kapolres Buton, AKBP Gunarko, Kajari Buton, Ledrik, Kepala Panitera Pengadilan Negeri Pasarwajo, Irnais SH, Asisten I Setda Buton Alimani, Kepala BPKAD Buton, Sunardin Dani, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Buton, Murtaba Muru, dan para camat se-Kabupaten Buton.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan naskah pemberian hibah daerah dengan total jumlah penerima hibah sebanyak 70 desa dari 7 kecamatan, adapun barang yang dihibahkan sebanyak 242 item barang dengan jenis barang berupa tanah bangunan sebanyak 19,7 miliar dan berita acara serah terima antara pemerintah daerah ditandatangani oleh Bupati Buton dan yang mewakili pemerintah desa oleh Buniamin selaku Kepala Desa Sumbersari.

Berikut nama-nama Kades yang dilantik:

Kecamatan Kapontori, Desa:

1. Todanga (La Heda).
2. Wondowolio (Zulfan).
3. Mabulugo (Nurdin, S.T).
4. Tuangila (Marlina).
5. Barangka (Suharman, S.T).
6. Kamelanta (Saidi).

Kecamatan Lasalimu, Desa:

7. Lasembangi (Sabaparta, S.Pd).
8. Waoleona (Ali Basa).
9. Wasuamba ( Rawardin).
10. Lawele (Nasra Bahum, S.E)
11. Kakenauwe (Munarwis, S.Pd).

Kecamatan Lasalimu Selatan, Desa:

12. Umalaoge (La Ode Muliadin).

Kecamatan Siotapina, Desa:

13. Labuandiri (Barumi).
14. Sumber Sari (Buniamin).
15. Matanauwe (La Dangka).

Kecamatan Pasarwajo, Desa:

16. Banabungi (La Ode Mursalim Patu).
17. Holimombo Jaya (Si Alira).
18. Dongkala (La Hasani).
19. Winning (Asnur).
20. Waanguangu (La Tia).
21. Laburunci (Jufri).
22. Kaongkeongkea (Hazirudin, S.P).

Kecamatan Wabula, Desa:

23. Wabula (La Unci).

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here