Desa Siomanuru akan Wakili Kecamatan Lasalimu Selatan pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Buton

TERAWANGNEWS.com, Buton – Desa Siomanuru akan mewakili Kecamatan Lasalimu Selatan pada lomba desa tingkat Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Buton ke-63 pada Juli 2022 mendatang.

Terkait itu, Pj Kades Siomanuru, A.A Gede Oka Mayun mengatakan bahwa, pihaknya kini sudah melakukan persiapan-persiapan seperti kerja bakti bersama masyarakat.

“Di Desa Siomanuru ada empat dusun Karya Bangun, Bangun jaya, Karya Bakti dan Dusun Bakti Pertiwi,” katanya, Kamis (16/06/2022).

Mayoritas masyarakat Siomanuru lanjut A.A Gede yaitu bekerja sebagai petani dengan mengembangkan buah salak dan kepala.

Adapun jumlah KK Desa Siomanuru yaitu sebanyak 217 KK dan 736 jiwa.

Satu keunikan Desa Siomanuru kata A.A Gede yang berpotensi memberdayakan masyarakatnya menjadi berbeda dari lainnya, seperti hasil pertanian yang kini menjadi andalan warga Desa Manuru.

“Program kami kedepan akan menjadikan desa kami sebagai Agro Wisata buah,” ujarnya.

Namun, untuk menjadi Desa Agro Wisata Buah terlebih dahulu akan dibahas saat musyawarah desa nanti. Pemdes akan menyiapkan bibit durian, rambutan dan kelapa lokal.

Lebih lanjut A.A Gede mengatakan, selain buah salak, hasil pertanian di Desa Siomanuru yaitu kelapa yang sudah dijual sampai ke daerah lain.

”Kelapa di sini banyak dan hasilnya dijual ke daerah luar,” ungkapnya.

Tak hanya dibidang pertanian, masyarakatnya juga tambah Pj Siomanuru, juga aktif dalam bidang peternakan, seperti ternak sapi dan kambing.

“Biasanya menjelang Idul Adha permintaan meningkat dan harganya tergantung ukuran dengan kisaran harga 10 sampe 16 juta, sementara kambing kisaran 2,5 sampe 3 jutaan,” sebutnya.

Dia berharap setelah dilakukan klarifikasi lapangan, Desa Siomanuru nantinya dapat terpilih menjadi yang terbaik di tingkat kabupaten, provinsi bahkan sampai di tingkat nasional.

Penulis: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *