Berkunjung di Buton, Kementan RI Beri Bantuan Bibit Pala dan Jagung untuk Masyarakat

0
263

TERAWANGNEWS.com, Buton – Demi menjaga ketahanan pangan di Indonesia khususnya di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kementerian Pertanian (Kementan) RI memberikan bantuan bibit pala kepada masyarakat Buton.

Pemberian bibit pala dilakukan secara simbolis, diserahkan langsung oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementan RI, Dr. Jan Samuel Maringka, S.H.,M.H kepada perwakilan kelompok tani didampingi antara lain, Kepala Dinas Pertanian Sultra, Muh. Djudul, Bupati Buton, Drs. La Bakry, Kajari Buton, Ledrik, dan Kapolres Buton, AKBP Rudi Silean di Rujab Bupati Buton, Sabtu (16/7/2022) siang.

Bupati Buton, La Bakry dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan Kementan RI kepada masyarakatnya.

“Ucapan terimakasih tak terhingga kami sampaikan kepada Kementerian Pertanian melalui Bapak Irjen atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Buton,” ucap La Bakry.

“Ini semua juga berkat dukungan Kajari, Kapolres, Kepala Dinas Pertanian Provinsi dan pihak lainnya. Ini dalam rangka menjalankan program Presiden dan Menteri Pertanian, ini suatu berkah tak terhingga, mudah-mudahan ini bisa berkelanjutan,” sambung La Bakry.

Ketua DPD II Golkar Buton ini berharap, selain bantuan yang diberikan saat ini, kedepan juga bisa diberikan bibit kelapa genjah. Sebab, selain untuk kebutuhan ekspor, juga dalam rangka menjaga ketahanan pangan untuk jangka panjang.

“Kita berharap ada lagi tahun depan kelapa genjah, karena kelapa ini selain kebutuhan ekspor, juga dalam rangka menjaga ketahanan pangan untuk jangka panjang,” harap La Bakry.

Sementara itu, Irjen Kementan RI, Dr. Jan Samuel Maringka mengatakan, kunjungannya di Kabupaten Buton merupakan salah satu perintah dari Menteri Pertanian, agar Eselon I secara terus menerus melakukan monitoring dan evaluasi di lapangan.

“Nah, pada kesempatan kali ini kami menuju wilayah Buton, Baubau dan sekitarnya. Kita harapkan terjadinya proses masalah-masalah regenerasi tanaman, kemudian dalam konteks melihat memantau ketahanan pangan, ini kita sebut program ketahanan pangan artinya apa yang menjadi konsumsi bagi masyarakat itu lebih baik kita produksi dari kebun sendiri, ini yang kita harapkan kedepan,” katanya kepada sejumlah awak media usai penyerahan bibit.

Selain menyerahkan bibit pala, lanjut Irjen, pada Sabtu (16/7/2022) pagi tadi, pihaknya sudah lebih dahulu menyerahkan bibit jagung juga secara simbolis di Desa Kuraa, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton.

“Tadi kita sudah serahkan 100 hektar untuk pala karena ini tanaman jangka panjang, untuk jangka pendeknya kita sudah menyerahkan tadi di Desa Kuraa 50 hektar untuk tanaman jagung, sehingga disamping menunggu yang lebih besar lagi tentu ada sisi hanya waktu dalam 3 ato 4 bulan mereka sudah menikmati hasilnya,” jelasnya.

Dari sisi pemasaran tambah Irjen, masyarakat dipastikan tidak akan mengalami kesulitan. Karena, pihaknya Jum’at (15/7/2022) kemarin juga sudah melihat langsung industri pembuatan pakan ternak di Kota Baubau, Sultra.

“Mudah-mudahan setelah dikonsumsi cukup, kita (Buton-red) akan menjadi salah satu distribusi kepada industri pakan ternak,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Ma’mul Djamal mengatakan, bibit pala tersebut akan disebar di Desa Winning, Kecamatan Pasarwajo dan Desa Wasamba, Kecamatan Lasalimu.

“Jadi tersebar 60 hektar di Desa Winning dan 40 hektar di Desa Wasamba,” katanya.

Sementara untuk bibit jagung lanjut Ma’mul Djamal, akan ditanam di Desa Kuraa sebagai desa percontohan.

“Desa Kuraa, jadi percontohan, setelah itu akan berkembang di desa-desa lain,” ujarnya.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here