Tok! DPRD Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD dan LKPJ Bupati Buton Tahun 2021

TERAWANGNEWS.com, Buton – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan Rapat Paripurna di ruang sidang DPRD Buton, Kamis (28/7/2022).

Terdapat dua agenda Rapat Paripurna kali ini yaitu Penyampaian Pandangan Akhir Fraksi-Fraksi dilanjutkan dengan Penyampaian Jawaban Bupati atas Pandangan Akhir Fraksi-Fraksi terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2021 dan LKPJ Bupati Buton tahun 2021.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Buton, Hariasi Salad, S.H didampingi Wakil Ketua I, La Ode Rafiun, S.Pd. Hadir pula Anggota DPRD Buton, Bupati Buton, Drs. La Bakry dan Asisten I Setda Buton, Alimani serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemda Buton.

Dalam Rapat Paripurna itu, seluruh Fraksi DPRD menyetujui Raperda Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Buton tahun 2021 dan LKPJ Bupati Buton tahun 2021.

“Sudah selesai dan seluruh fraksi menyatakan setuju,” singkat Ketua DPRD Kabupaten Buton, Hariasi Salad ditemui
usai Rapat Paripurna.

Berikut penggalan penyampaian jawaban Bupati Buton atas pandangan fraksi-fraksi terhadap pelaksanaan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Buton tahun 2021 dan LKPJ Bupati Buton tahun 2021:

Setelah mendengar Pandangan Akhir Fraksi yang begitu teliti dan kritis dalam menyikapi setiap aspek pembangunan, hal ini begitu bermakna, bagi kita semua, karena dinamika pembangunan yang kita laksanakan pada tahun 2021 yang lalu, telah mendapat perhatian yang serius dari Dewan Yang Terhormat sebagai representase masyarakat Kabupaten Buton, juga merupakan wujud semakin baiknya sistem pengawasan yang dilaksanakan oleh Dewan yang terhormat dalam mengawal proses pembangunan yang telah dilaksanakan.

Hal ini tentu menjadi tanggungjawab moril bersama dalam mengawal pembangunan kedepan yang semakin kompleks dalam menyelesaikan permasalahan daerah.

Tentunya semua masukan akan dievaluasi dan diletakkan pada porsinya sesuai dengan aturan yang berlaku dan disesuaikan dengan kemampuan yang ada. Saya yakin sepenuhnya bahwa kita semua ingin agar upaya yang kita lakukan haruslah tepat sasaran, guna efisiensi karena banyaknya agenda pembangunan yang akan dilakukan.

Dari proses awal juga mendapat perhatian yaitu peningkatan pendapatan daerah. Peningkatan pendapatan daerah merupakan suatu keharusan agar kita dapat membangun daerah ini dengan kekuatan yang kita miliki dan dapat berimprovisasi dalam mengisi pembangunan.

Tentunya semua itu diletakan pada koridor peraturan yang berlaku dan tanpa memberatkan masyarakat Peningkatan pendapatan juga terus kita upayakan sampai saat ini melalui upaya agar negara mau memanfaatkan aspal Buton secara masif dalam pembangunan jalan dan ikutan lainnya.

Tentunya semua upaya ini tidak semudah yang kita bayangkan, memang menjadi sangat ironi ketika negara memiliki kekayaan alam yang berlimpah namun belum maksimal digunakan. Hal hal inilah yang mendorong untuk intens berkomunikasi dengan pusat dan investor yang ada tentunya semua itu kedepan membutuhkan konsekuensi yang harus kita siapkan.

Hal ini sejalan dengan apa yang menjadi masukan Dewan yang terhormat terkait dengan kesiapan tenaga kerja, infrastruktur pendukung serta terbangunnya sistem pelayanan yang terintegrasi.

Tentunya semua itu merupakan peluang yang harus ditangkap dengan cara memaksimalkan peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan kesempatan kerja, peningkatan perputaran ekonomi dan pengelolaan pinjaman daerah serta memaksimalkan masukan Dewan yang terhormat sebagai hal yang sangat konstruktif untuk perbaikan kedepan.

Masukkan lainnya pun tidak kalah pentingnya, semua disarankan tentunya dalan rangka perbaikan. Hal ini mendorong kami untuk berbuat yang terbaik. Karena kami pun sadar bahwa pemerintah adalah abdi masyarakat yang akan selalu berbakti pada masyarakat. Namun demikian kerjasama timbal balik antara masyarakat dan pemerintah menjadi sangat penting

Ketua, Wakil Ketua, Anggota Dewan Yang Terhormat

Dengan berjalannya proses hari ini yang merupakan momen yang sangat berharga untuk terus berbenah dan masuk pada tahap selanjutnya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan pembangunan. Dengan merefleksi perjalanan pembangunan di tahun. sebelumnya, masih banyak agenda yang harus dilakukan kedepan.

Tentu kita sepakat bahwa apa yang kita laksanakan pada tahun 2021 yang lalu masih banyak hal yang perlu dilakukan dalam mewujudkan cita-cita bersama. Namun kita pun juga dihadapkan pada keterbatasan yang selalu menuntun kita untuk berupaya memilih mana yang terbaik.

Akhirnya atas perhatian dan masukan dari Dewan yang terhormat Kami sangat mengapresiasi, semoga menambah energi dalam kebersamaan untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan bersama.

Penulis: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *