Kunker di Kecamatan Wolowa, Pj Bupati Buton Bicara Soal Ketahanan Pangan dan Miras, juga Sampaikan Pesan dari Gubernur Sultra

TERAWANGNEWS.com, Buton – Penjabat (Pj) Bupati Buton Drs. Basiran, M.Si, melakukan kunjungan kerja (kunker) sekaligus silaturahmi bersama masyarakat di Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton, Kamis (8/9/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Basiran turut didampingi dan dihadiri antara lain Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin, Ketua Fraksi NasDem DPRD Buton, Sabaruddin Paena, Kepala Dinas BKKBN Buton, Asruddin, Kapolsek Wolowa, IPDA La Ode Kustian, Batibung, Serma La Tihani, para Kades, Ibu-ibu PKK dan para tokoh se-Kecamatan Wolowa.

Dalam sambutannya, Basiran menyampaikan kepada para Kades agar memanfaatkan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam mengembangkan lahan-lahan tidur untuk ketahanan pangan di desa masing-masing.

“Kedepan Dana Desa, bagaimana menjaga ketahanan pangan juga bagaimana menjaga inflasi, tapi kalau sudah jalan ketahanan pangan inflasi juga akan berkurang,” kata Basiran.

Terkait itu lanjut Basiran, ia juga sudah menyampaikan kepada Kadis DPMD Kabupaten Buton, Murtaba Muru untuk selalu melaksanakan pembinaan terkait ketahanan pangan dan inflasi di seluruh desa di wilayah Kabupaten Buton.

“Kepala Dinas DPMD saya sudah sampaikan untuk selalu melaksanakan pembinaan terkait maslah ini, karena Alokasi Dana Desa itu amanah negara kepada kepala desa untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Kepala BPKAD Sultra ini juga menitip pesan kepada para Kades agar menyampaikan kemasyarakatnya untuk menghindari minuman keras (miras), karena menurutnya salah satu pemicu terjadinya pertikaian antara kelompok masyarakat adalah miras.

“Salah satu penyebab terjadinya perkelahian antar remaja, antar desa, antara kelompok masyarakat karena minuman keras, oleh karena itu hindari miras,” ungkapnya.

“Oleh sebab itu tolong kasitau generasi kita Buton ini bisa bagus kedepan seperti Pak Asnawi sebagai Sekda Buton jika generasi mudanya hari ini tidak suka minum miras,” sambungnya.

Diakhir sambutannya, Basiran menyampaikan salam hormat dari Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, S.H untuk seluruh masyarakat Kecamatan Wolowa khususnya dan Buton umumnya.

Basiran pun menirukan perkataan Gubernur Sultra, Ali Mazi yaitu meminta kepada seluruh masyarakat agar membantu dirinya dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Buton sebagai Pj Bupati.

“Tolong bantu namanya La Basiran, yang jadi Pj Bupati di Buton,” kata Basiran menirukan perkataan Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Basiran juga mengakui bahwa jabatan yang diembannya saat ini yaitu berkat Gubernur Sultra, Ali Mazi. Menurutnya, Ali Mazi secara umum selama ini selalu memperhatikan kemaslahatan masyarakat Sultra, tak terkecuali Kabupaten Buton.

“Mudah-mudahan kita semua dalam lindungan Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa. Wolowa adalah negeri yang aman, makmur dan sejahtera jika mana masyarakatnya perduli terhadap lingkungan sekitarnya, jangan pernah bosan untuk selalu berinovasi dan berkreasi khususnya ibu-ibu bagaimana menggalakkan asupan gizi sayur dan buah,” tutup Basiran.

Penulis: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *