Pj Bupati Buton Dinobatkan sebagai Tokoh Inovatif Pemerintahan 2022

0
237

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si dinobatkan sebagai Tokoh Inovatif Pemerintahan oleh Harian Pagi Kendari Pos. Penghargaan itu diberikan dalam acara Sultra Awards 2022 di salah satu hotel di Kendari, Selasa (4/10/2022).

Sultra Award merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 Kendari Pos. Dalam Sultra Award Kendari Pos, sedikitnya 37 tokoh di Sultra menerima penghargaan dari Kendari Pos yang dinilai berkontribusi terhadap pembangunan dan kemajuan daerah yang berasal dari berbagai kalangan berpengaruh diantaranya tokoh birokrasi, pengusaha, politisi, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan. Para tokoh itu selalu mewarnai pemberitaan Kendari Pos.

Pj Bupati Buton menerima penghargaan Sultra Award 2022 dengan kategori “Tokoh Inovatif Pemerintahan 2022”. Selain Pj. Bupati, dua pejabat Buton juga mendapat award yang sama. Yakni Kajari Buton, Ledrik MV Takaendengan,  SH. MH. sebagai tokoh Inovatif Pelayanan Hukum. Satu lainnya adalah Syafaruddin, SKM. M.Kes yang didaulat sebagai tokoh Inovatif Layanan Kesehatan Masyarakat.

Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengatakan, Kendari Pos ingin menjadi bagian dari perubahan daerah dan Sulawesi Tenggara. Hal ini pula yang melatarbelakangi lahirnya pemberian penghargaan Sultra Award.

“Kendari Pos ini milik masyarakat Sultra. Makanya, namanya Sultra Award. Kita harapkan, ini memberi kita persaingan positif untuk membangun daerah lebih baik lagi ke depan,” ungkap Irwan Zainuddin.

H. Syamsu Nur, Pembina Kendari Pos memuji kreatifitas Kendari Pos memberikan pengfhargaan pada tokoh-tokoh hebat Sultra.

“Kegiatan ini menjadikan ajang untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Walaupun Kendari Pos hari ini mengalami pergeseran tetapi Kendari Pos menghadapi kondisi melakukan terobosan dengan konvergensi media, media cetak dan media online e- paper juga media televisi,” katanya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, SH menyambut baik dan mengapresiasi penganugerahan para tokoh. Menurut Ali Mazi, hal itu merupakan bentuk penghargaan kepada tokoh yang karya-karyanya telah memberikan manfaat di masyarakat.

“Penganugerahan ini akann memberikan semangat bagi penerimanya, juga bisa menjadi inspirasi bagi anggota masyarakat lain untuk untuk terus memberikan manfaat kepada sesame,” kata Gubernur.

Pj Bupati Buton menerima penghargaan Sultra Awards karena dinilai telah melakukan terobosan-terobosan ketika memimpin Kabupaten Buton.

Berikut durasi singkat penilaian Kendari Pos sesaat sebelum pemberian gelar kepada para tokoh:

Drs. Basiran, M.Si baru saja memikul amanah sebagai orang nomor satu di Kabupaten Buton. Namun gerak cepatnya telah mempu memberi warna baru di tanah leluhurnya itu. Ia langsung menyalahkan api perubahan di tanah Buton, tanah kelahirannya. Semua pejabat eselon II dan III diwajibkan tinggal di Pasarwajo atau sekitarnya. Basiran berkomitmen penuh membangun Buton. Ia rajin blusukan ke kecamatan dan desa.

Selain itu, Basiran juga menggagas ‘koja-koja’ dengan warga. Namanya Ngopi Wa Engran (Ngobrol Pagi Warga Bareng Basiran). Program ini rutin tiap jumat dengan mengundang semua elemen masyarakat untuk mengungkapkan saran, keinginan dan kritikan pada pemerintah. Atas segalah dedikasinya itulah, Basiran dinobatkan sebagai Tokoh Inovatif Pemerintahan 2022.

Editor: La Ode Ali

Sumber: Humas Pemkab Buton

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here