Pj Bupati Buton Hadiri Pesta Adat Desa Warinta

0
200

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si  bersama Ibu Bupati, Ny. Deisy Natalia Rompas Basiran, S.H menghadiri Pesta Adat Tahunan Dusun Banauwe II Desa Warinta, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sultra, Minggu (9/10/2022).

Giat yang bertemakan menciptakan nilai-nilai budaya Poma’a ma’asi demi melahirkan masyarakat harmonis itu dihadiri sejumnlah kepala OPD Lingkup Pemkab Buton, Camat Pasarwajo yang digelar di Baruga Desa Warinta.

Terlihat, Basiran mengenakan Kampurui dan sarung sambil duduk bersila bersama tokoh adat Warinta.

Dikesemparan itu, Pj Bupati menyampaikan rasa bangga dan terima kasih pada masyarakat adat Warinta yang telah menyelenggarakan pesta adat tahunan sebagai warisan leluhur Buton yang terus dilestarikan.

“Pada sore ini kita berada di Dusun Banauwe II, yang Ketua DPR Kabupaten Buton, Hariasi Salad SH dan Kepala OPD Lingkup Pemkab Buton, Pak Camat, Kapolsek, Kades, Ketua BPD dan yang saya muliakan Amanto Parabela. Saya juga menyampaikan warga Warinta di rantau orang seperti di Sorong, Ambon dan Papua, Ternate, Kalimantan yang terus mensuport penyelenggaraan pesta adat ini,” kata Pj. Bupati Buton.

Kepala BPKAD Provinsi Sultra ini juga memerintahkan Kepala Dinas Kebudayaan untuk membantu dan memperhatikan Baruga Warinta yang merupakan salah satu pusat kebudayaan di Desa Warinta.

Tak hanya itu, ia juga mengimbau warga untuk senantiasa menjaga kebersihan, keindahan dan penataan kampung, mengingat Desa Warinta terletak di jalan protokol yang menghubungkan Baubau dan Pasarwajo.

“Desa ini juga merupakan wajah Kabupaten Buton. Mari kita ciptakan kesan yang baik bagi tamu. Apalagi pada Bulan November nanti akan akan dihelat ajang olahraga Porprov yang dipusatkan di Kabupaten Buton dan Kota Baubau.  Tentu kedatangan rombongan kabupaten/kota nanti di Porprov akan melewati Desa Warinta. Untuk itu mari kita jaga kebersihan, kita sambut tamu dengan ramah tamah termasuk menjaga kambtimas di desa ini,” imbaunya.

Hal itu penting kata Mantan Sekwan Bombana ini sehingga kontingan Porprov kabupaten/kota merasa nyaman selama berada di Kabupaten Buton.

“Bagi warga yang hendak mengembangkan UMKM dengan membuat warung makan, buatlah warung makan yang tertata rapi, ada tempat parkir, buat kenyaman pengunjung. Suguhkanlah makanan khas daerah kita, sehingah mereka yang di daerah lain bisa merasakan masakan khas Buton. Dan yang tak kalah pentingnya adalah Porprov ini akan memberkan kesan yang baik yang berimplikasi pada peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Buton,” pungkas Basiran (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here