Keterwakilan Perempuan Nol Persen pada Pelantikan Panwascam, Ini Penjelasan Ketua Bawaslu Buton

TERAWANGNEWS.com, Buton – Tidak adanya keterwakilan perempuan pada pelantikan 21 Anggota Panwascam dalam Pemilu serentak 2024 ditanggapi Ketua Bawaslu Buton, Maman, S.H.

Menurutnya, hal itu disebabkan karena tidak adanya perempuan yang lulus 6 besar berdasarkan tes dengan metode dalam jaringan (online) atau tes CAT (Computer Asisted Test).

“Terkait hal tersebut disebabkan oleh tidak adanya perempuan yang lolos 6 besar berdasarkan tes dengan metode dalam jaringan (online) atau tes CAT (Computer Assisted Test),” katanya melalui pesan WhatsApp, Sabtu (29/10/2022) sore.

Sejak pendaftaran Panwascam dibuka pada 21-27 September 2022 lanjut Maman, total pendaftar yaitu sebanyak 146 terdiri dari laki-laki 119 orang dan perempuan 27 orang.

“Karena keterwakilan perempuan belum terpenuhi 30 % di seluruh kecamatan sehingga dilakukan perpanjangan di seluruh kecamatan yang dimulai sejak tanggal 2-8 Oktober dengan total pendaftar 19 orang diantaranya 10 laki-laki dan 9 perempuan,” ujarnya.

“Sehingga total pendaftar keseluruhan berjumlah  165 orang diantaranya laki-laki 129 orang dan perempuan sebanyak 36 orang dengan presentase 22 % keterwakilan perempuan,” sambung Maman.

Kemudian tambah Maman, tanggal 12 Oktober pengumuman berkas, dan yang dinyatakan lulus sebanyak 154 orang. Namun, yang mengikuti tes CAT 148 orang (6 orang tidak ikut). Hasilnya 42 orang dinyatakan lulus, dari jumlah tersebut tak ada satupun perempuan.

“Sehingga penetapan 21 orang yang terpilih tidak ada keterwakilan perempuan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi melantik 21 Anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam), Sabtu (29/10/2022).

Pelantikan dilakukan di salah satu hotel di Kecamatan Pasarwajo.

Dari 21 Anggota Panwascam yang diumumkan dan dilantik tersebut, tak ada satupun keterwakilan perempuan atau nol persen.

Penulis: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *