Tekan Laju Inflasi, Pemkab Buton Beri Bantuan BBM Solar pada Nelayan Desa Balimu

TERAWANGNEWS.com, Buton – Dalam rangka menakan laju inflasi di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton memberikan bantuan subsidi BBM kepada 538 nelayan.

Pemberian bantuan subsidi BBM Solar se – Kabupaten Buton tersebut di pusatkan di Desa Balimu, Kecamatan Lasalimu Selatan (Lasel), Rabu (4/1/2023) sore.

“Dalam rangka menekan laju inflasi di Kabupaten Buton, dipusatkan di Desa Balimu (Bajo Lasalimu), Kecamatan Lasalimu Selatan kami Memberikan bantuan subsidi BBM kepada 538 Nelayan  se-Kabupaten Buton dengan jumlah anggaran Rp490.898.100 atau untuk subsidi sebanyak 41.426 liter solar untuk membantu Nelayan memenuhi kebutuhan Solar Perahu Nelayan. Ini wujud perhatian pemerintah. Kita berikan bantuan, semoga bermanfaat untuk saudara-saudaraku nelayan di sini,” kata Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si ketika memberikan BBM Solar secara simbolis kepada nelayan Desa Balimu.

“Total 58 nelayan Bajo Lasalimu yang mendapatkan bantuan dengan masing-masing kebagian 77 liter BBM Solar,” sambung Basiran.

Pada kesempatan itu, Basiran juga tak lupa mengingatkan kepada para nelayan agar dapat membaca cuaca atau memperhatikan peringatan BMKG saat hendak melaut. Hal ini mengingat cuaca akhir-akhir ini yang tidak bersahabat dan membahayakan bagi keselamatan para nelayan berupa angin kencang dan gelombang tinggi.

“Anomali cuaca sedang mengkhawatirkan. Hati-hati turun melaut. Kalau gelombang masih tinggi urungkan dulu niatnya, utamakan keselamatan. Selain itu, saya harap para nelayan untuk selalu izin kepada istri maupun orang tua sebelum pergi melaut. Selain berkaitan dengan restu agar hasil tangkapan melimpah, hal ini juga sangat penting karena banyak kejadian nelayan hilang tidak diketahui keberadaannya karena tidak izin saat keluar mencari ikan,” tutur mantan Camat Siotapina ini.

Orang nomor satu di Kabupaten Buton ini juga berharap kepada Kepala Desa Balimu agar penataan Desa Balimu lebih ditingkatkan lagi ke depannya. Karena penataan rumah-rumah yang didiami Suku Bajo di Desa Lasalimu Selatan ini dirasakan perlu ditingkatkan, juga untuk mengantisipasi jika terjadi bencana. Selain itu, warga setempat juga diharapkan dapat menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggalnya.

Kepada Sekda Buton dan OPD terkait yang turut hadir pada penyerahan bantuan tersebut, Basiran mengatakan agar jalan masuk Desa Balimu atau menuju Dermaga Lasalimu diupayakan segera diaspal, minimal ditimbun dan diratakan melalui anggaran perubahan ke depan. Mengingat Dermaga Lasalimu menjadi rute yang padat oleh pengguna transportasi laut khususnya di wilayah Kecamatan Lasalimu Selatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Rasmin Rahman, S.Pi., M.MA mengungkapkan, pemberian bantuan tersebut dalam rangka mengatasi dampak inflasi. Sebab, salah satu penyebab inflasi adalah mahalnya harga ikan.

“Nelayan yang melaut sedikit makanya ikan kurang sehingga harganya mahal. Setelah ditelusuri pasca operasi pasar, keluhan nelayan bukan karena tidak mampu melaut tapi karena BBM solar langka,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Rasmin, berdasarkan Surat Edaran Mendagri No.500 tahun 2022 dikatakan bahwa untuk mengatasi inflasi bisa pakai Biaya Tak Terduga (BTT).

“Sehingga kita ajukan proposal, dan pak Bupati menyahuti maka lahirlah bantuan ini,” tambahnya.

Penerima bantuan ungkap Rasmin, merupakan masyarakat nelayan Balimu yang memiliki perahu dengan jenis BBM Solar dan belum pernah mendapat rekomendasi sebelumnya.

Turut hadir pada giat ini, Sekretaris Daerah Asnawi Jamaluddin, S.Pd., M.Si, Ny. Deisy Natalia Rompas Basiran, S.H., Plt. Kadis Perhubungan, Plt. Kadis Sosial, Sekdin Pendidikan, Sekdin Kesbang, Camat Lasalimu Selatan bersama Danramil Lasalimu dan Kapolsek Ambuau, serta Kepala Desa Balimu.

Usai penyerahan bantuan, mantan Asisten 1 Setda Provinsi Sultra ini didampingi Sekda Buton meninjau Dermaga Lasalimu yang juga terletak di Desa Balimu, serta melihat secara langsung perkembangan pembangunan Pasar Desa Wajah Jaya, Kecamatan Lasalimu Selatan (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *