Pemkab Buton Gelar Isra Mi’raj Dirangkaikan dengan Pisah Sambut Kepala Kemenag Buton

0
155

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah Tahun 2023 Masehi yang dirangkaikan dengan pisah sambut Kepala Kemenag Kabupaten Buton, Selasa (21/2/2023) siang Selasa siang yang dipusatkan di Masjid Islamic Center Takawa.

Acara tersebut diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an kemudian dilanjutkan dengan ceramah tentang hikmah dari Isra Mi’raj.

Pembawa hikmah Isra Mi’raj, KH. Abdul Rasyid Sabirin, L.C, M.A. menyampaikan Setiap tanggal 27 Rajab, umat Islam memperingati Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Isra Mi’raj adalah peristiwa monumental yang penting bagi umat Islam. Ada banyak hikmah peristiwa Isra Miraj yang dapat dipetik dan dijadikan teladan oleh setiap muslim.

Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina. Sementara Mi’raj adalah naiknya Rasulullah SAW ke Sidratul Muntaha, langit tertinggi yang tak dapat dijangkau oleh makhluk apa pun.

Perjalanan yang sangat jauh itu dialami Rasulullah dalam waktu yang sangat singkat. Di balik mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW tersebut, tak hanya menunjukkan kebesaran-Nya tetapi juga membawa sejumlah hikmah bagi setiap muslim.

Dalam sambutannya Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si mengatakan bahwa, Isra Mi’raj adalah peristiwa yang bisa dijadikan momen sebagai perwujudan rasa syukur terhadap Allah SWT, yang senantiasa menganugerahkan berbagai nikmat kepada kita semua.

“Karena kita masih banyak diberi nikmat keamanan dan kesehatan dibanding saudara-saudara kita di belahan bumi yang lain,” kata Pj Bupati Buton.

Lanjut Basiran, ada beberapa hal penting dalam peristiwa tersebut yaitu mengenang perjuangan Nabi Muhammad SAW saat perjalanan Isra Mi’raj yang perlu direnungkan dan dipetik hikmahnya yang bisa dijadikan rujukan dalam menjalankan tugas.

Isra Mi’raj dirangkaikan dengan pisah sambut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton dari, H. Mansur, S.Pd., M.A dan pejabat baru, Muchtar, S.Ag., M.A.

Pada kesempatan itu, H. Mansur memberikan apresiasi kepada Pj Bupati Buton, Basiran yang telah menginisiasi dibangunnya Rumah Tahfiz yang bekerjasama dengan Kemenag Buton.

“Pemda sudah sangat mendukung kegiatan Kemenag Buton dan kami sangat memberikan apresiasi yang luar biasa karena Pj Bupati Buton atau Pemda Kabupaten Buton menginisiasi dibangunnya Rumah Tahfiz bekerja sama dengan Kemenag Kabupaten Buton,” ucap H. Mansur.

Untuk itu H. Mansur, menyampaikan terima kasih pada Pemkab Buton atas dukungannya selama berkarir di Kabupaten Buton.

Sementara Pejabat Baru, Muchtar, S.Ag., M.A. selain memperkenalkan diri juga menyampaikan terima kasih pada Kepala Kemanag yang lama.

“Saya selaku Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Buton yang baru meminta dukungan kepada Pemkab Buton, khususnya Bapak Pj Bupati Buton, kiranya kami dibantu,” kata Muchtar.

Sementara itu, Pj Bupati Buton, Basiran mengenang kepemimpinan Kemenag Buton yang lama, yang sudah memiliki hubungan yang sangat dekat sehingga saat menjabat bisa berkolaborasi dan memberikan bantuan.

Basiran pun berharap dengan momen Isra Mi’raj dan pisah sambut tersebut bisa menjadi ajang silaturahmi dan mengucapkan terimakasih kepada semua yang hadir.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Perwakilan Forkopimda Buton, para Kepala OPD, Camat Pasarwajo, ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Buton, ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton, dan ibu-ibu Majelis Ta’lim se-Kecamatan Pasarwajo (***).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here