Pemkab Buton Gelar Rapat Bersama, Persiapan Peresmian Terminal Tipe B Wasaga

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pemkab Buton menggelar rapat bersama Forkopimda Buton dalam rangka persiapan peresmian Terminal Tipe B Wasaga yang akan diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi, S.H.

Rapat yang dipimpin langsung Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sultra, Muhammad Rajulan, S.T, M.Si di Terminal Tipe B, Wasaga, Kecamatan Pasarwajo, Rabu (23/2/2023).

Kegiatan itu juga turut dihadiri antara lain, Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin, S.Pd, M.Si, Wakapolres Buton, Reda Irfanda, SH., S.IK, Pabung Kodim 1413/ Buton, Mayor Arh. La Ode Mursalim, dan Kepala OPD Lingkup Pemkab Buton, Kepala Bank Sultra Cabang Pasarwajo, La Ode Kamaluddin, dan Camat se-Kabupaten Buton.

Pj Bupati Buton menyampaikan rapat yang menghadirikan Forkopimda dan pihak-pihak terkait tersebut merupakan bagian dari rencana kerja Gubernur Sultra dalam rangka kunjungan ke Kabupaten Buton, dan salah satu agenda Gubernur ke Buton adalah meresmikan Terminal Tipe B Wasaga.

“Kita perlu persiapan yang lebih baik dan matang, mengingat waktunya tidak lama lagi yaitu tanggal 28 Februari 2023. Dalam acara ini kita akan mengundang warga masyarakat sebagai bagian dari rasa syukur terhadap adanya Terminal Tipe B yang dibangun di ibukota Kabupaten Buton,” ucapnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Buton berharap persemian Terminal Tipe B Wasaga nanti bisa sukses karena akan ada dialog dengan Gubernur dan masyarakat Kabupaten Buton.

“Sampaikan aspirasi khususnya Camat Kapontori untuk tindaklanjut hibah Pemprov atas tanah 2 hektar yang ada di Kapontori untuk pembangunan RS Pratama di Wakalambe, juga mungkin ada usulan masyarakat yang akan disampaikan langsung kepada Gubernur terkait program prioritas Gubernur di wilayah Kabupaten Buton,” tambahnya.

Pj Bupati Buton juga menyampaikan acara peresmian tersebut akan disiarkan secara live streaming melalui chanel You tube Diskominfo Buton TV.

Orang nomor satu di bumi penghasil Aspal Alam terbesar di dunia tersebut meminta Kepala OPD dan Camat agar serius dalam menyambut peresmian tersebut.

“Terminal ini adalah kebanggan kita semua. Dan akan diresmikan oleh Gubernur Sultra yang notabene adalah putra terbaik Pasarwajo. Untuk itu kita sebagai tuan rumah haruslah mempersiapkan peresmian dan kedatangan Gubernur bersama rombongan sebaik mungkin,” tegas Pj Bupati Buton.

Untuk itu, Pj. Bupati Buton meminta Sekda Buton untuk mengkoordinir semua persiapan penyambutan dan peresmian, termasuk tarian penyambutan dan design acara.

Selanjutnya Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Rajulan menyampaikan beberapa hal dalam rapat tersebut salah satunya persiapan para pemuka agama dan mengharapkan kerjasama kepada semua pihak agar acara tersebut bisa berjalan dengan baik.

“Diharapkan para pemuka agama bisa berperan dalam acara peresmian terminal ini karena akan ada ritual sebelum acara di gelar. Peresmian ini adalah sarana untuk berkumpul, supaya Gubernur bisa bertemu langsung dengan masyarakat Kabupaten Buton,” katanya.

Terkait dengan persiapan tersebut lanjut Rajulan, Dinas Perhubungan akan mengadakan pembersihan di dalam terminal. Untuk itu, ia minta dukungan semua pihak untuk sama-sama melaksanakan kegiatan tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Wakapolres Buton, Reda Irfanda menyampaikan Polres Buton siap membantu dalam melaksanakan acara tersebut agar berjalan dengan baik.

“Polres Buton siap untuk melaksanakan pengamanan karena ini merupakan suatu kebanggaan terminal diresmikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Tenggara. Kita juga perlu bantuan kekuatan keamanan dari TNI dan Polisi Pamong Praja,” ucapnya.

Hal senada juga didampaikan Pabung Dandim 1413 Buton, menegaskan pihaknya akan siap mendukung pelaksanaan peresmian Terminal Tipe B Wasaga.

“TNI akan mendukung sepenuhnya pengamanan bersama Polri dan Pol PP. Sebagai masyarakat Kabupaten Buton ini adalah kesempatan untuk berdiaolg langsung dengan Gubernur,” katanya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Buton memyampaikan dalam rapat tersebut bahwa, Pemkab Buton siap melakukan mobilisasi peserta acara.

“Untuk urusan dalam terminal menjadi urusan Dinas Perhubungan Provinsi. Kemudian kami dari Pemerintah Kabupaten Buton di luar terminal menjadi tanggung jawab Pemkab Buton. Dan soal mobilisasi dan ketertiban peserta acara akan menjadi urusan Pemerintah Kabupaten Buton,” ungkapnya (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *