Soal Dana Penyertaan Modal Rp1 Miliar PD Mainawa Buton, Rektor Unidayan Sjamsul Qamar Angkat Bicara, Apa Kaitannya?

0
628

TERAWANGNEWS.com, Buton – Ir. Sjamsul Qamar, M.T., IPU akhirnya angkat bicara soal dana penyertaan modal dari Pemkab Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) sebesar Rp1 miliar ke PD Mainawa pada tahun 2013.

Lalu apa kaitannya antara penyertaan modal PD Mainawa dengan Sjamsul Qamar?

Sjamsul Qamar pernah menjabat sebagai Direktur Utama PD Mainawa sejak tahun 2013-2014. Namun, harus mengundurkan diri dan saat ini telah menjabat sebagai Rektor Universitas Dayanu Ikhsanuddin Kota Baubau. Setelah mengundurkan diri, ia kemudian diganti oleh Muhaimin selaku Direktur Keuangan sekaligus Plt Direktur Utama PD Mainawa.

Terkait itu, kepada Terawangnewscom, Selasa (14/3/2023) kemarin, Sjamsul Qamar mengatakan, saat dirinya menjabat sebagai Direktur PD Mainawa, laporan penggunaan dana tersebut sudah diaudit oleh akuntan publik.

“Sudah ada tahun 2014 laporannya sudah diaudit akuntan publik,” kata Sjamsul Qamar melalui telepon.

Bahkan sepengetahuan dirinya, di tahun 2015, penggunaan dana itu juga sudah dilaporkan di bagian keuangan Pemkab Buton.

“Tahun 2015 sudah dilaporkan juga, hanya mungkin belum diterima oleh bagian keuangan di Pemda karena kan sejak 2016 terhenti,” ungkapnya.

Ia juga mengaku bahwa, sampai saat ini masih menyimpan dokumen laporan keuangan PD Mainawa khususnya ketika masih menjabat sebagai Direktur di perusahaan tersebut.

“Laporannya masih ada semuanya di saya,” akunya

“Dan karena Pak Muhaimin nya tidak ada di Baubau selalu orang tanya ke saya, saya kan setelah dua tahun itu saya keluar saya tidak tahu lagi perkembangan di sana,” pungkasnya.

Sementara itu, hingga saat ini Terawangnews.com belum bisa mengkonfirmasi Muhaimin, berulang kali dihubungi melalui sambungan teleponnya, tapi tidak diangkat.

Sebelumnya diberitakan, Kejaksaan Negeri Buton saat ini tengah menyelidiki penggunaan dana penyertaan modal PD Mainawa berdasarkan laporan salah satu LSM. Bahkan, kemungkinan hari ini, Rabu (15/3/2023) sudah mengirim surat permintaan dokumen ke Pemkab Buton.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here