Safari Perdana Ramadan Pj Bupati Buton di Wakangka Sekaligus Tinjau Potensi Wisata dan Panen Cabai

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si melakukan Safari Ramadan perdananya di Kelurahan Wakangka, Kecamatan Kapontori pada hari kedua Puasa di Bulan Suci Ramadan, Jumat (24/3/2023).

Alumni STPDN bersama Ketua I TP PKK Kabupaten Buton, Ny Deisy Natalia Rompas Basiran, SH dan Kepala OPD Lingkup Pemkab Buton, Camat Kapontori dan Lurah Wakangka menyempatkan diri meninjau beberapa asset Pemkab Buton di wilayah itu.

Sebelum melaksanakan Shalat Magrib di Kelurahan Wakangka, orang nomor satu di Kabupaten Buton itu meninjau Bendungan di Kelurahan Watumotobe, Kecamatan Kapontori.

Bendungan Kapontori merupakan sumber air bagi lahan persawahan di Kapontori dan sekitarnya, yang usianya sudah cukup tua sehingga butuh perbaikan. Hal tersebut menjadi perhatian Pj Bupati Buton karena selain menjadi sumber air bagi persawahan juga menyimpan potensi wisata.

“Tadi saya juga melihat bendungan di Watumotobe,. Bendungan tersebut sudah terlalu lama sehingga perlu perbaikan termasuk jalan masuknya. Bendungan tersebut juga merupakan salah satu potensi wisata yang bisa dikembangkan,” katanya.

Setelah meninjau langsung bendungan, Pj Bupati Buton melakukan panen Cabai Organic yang dikembangkan Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kelurahan Wakangka, Kecamatan Kapontori. Pj Bupati didampingi Camat Kapontori dan Petugas BPP memanen cabai organik hasil pengembangan uji coba tanam dari petugas penyuluhan Kecamatan Kapontori.

“Tadi juga sempat singgah di BPP dimana tugasnya adalah bagaimana pemanfaatan pekarangan ke masyarakat. Tadi saya melihat ada uji coba tanaman Cabai yang menggunakan pupuk organik. Karena adanya inflasi di Indonesia hari ini dan selalu mengganggu terjadinya inflasi adalah harga cabai selain harga ikan dan bawang, dan saat ini harga beras. Jadi saya juga tadi melihat uji coba tanaman cabai yang dikembangkan di BPP Kecamatan Kapontori. Dan itu bagus untuk dikembangkan oleh para petani dengan harga Cabai hari ini mencapai sekitar Rp60 ribu perkilo, ” tuturnya.

Pj Bupati kemudian melanjutkan perjalanan di Puncak Wakangka. “Ini adalah safari Ramadan. Tadi sudah singgah beberapa desa di Kecamatan Kapontori, lalu singgah juga melihat bendungan, tadi juga melihat view di atas. Karena salah satu potensi wisata yang ada di Kapontori adalah Puncak Wakangka. Pemandangannya luar biasa, bisa menjadi tempat orang beristirahat, kita bisa siapkan kuliner di sana,” ujar Pj. Bupati Buton.

Setelah itu Pj Bupati Buton melaksanakan Shalat Magrib dan Isya secara berjamaah yang dilanjutkan dengan Salat Tarawih bersama masyarakat di Masjid Jami Kelurahan Wakangka.

Hadir sebagai penceramah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton, Muchtar, S.Ag., M.A.

Dalam ceramahnya Kepala Kemenag menyampaikan bahwa iman perlu untuk terus ditingkatkan selama Bulan Ramadan.

“Karena itu mempengaruhi ibadah kita dan bahkan kehidupan kita. Diawal Ramadan semua memakmurkan masjid namun diakhir semakin sedikit dan hanya fokus pada dunia, seharusnya diakhir Ramadan iman kita semua kuat sehingga kita perlu evaluasi iman kita,” katanya (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *