Tajuk  

Dinonjob dan Tak Lagi Diusul DPRD jadi Pj Bupati Buton, Nasib Basiran “Diujung Tanduk”

TERAWANGNEWS.com, BUTON – DPRD Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) tak mengusulkan lagi Basiran untuk menjadi Pj Bupati Buton.

Basiran menjadi Pj Bupati Buton sejak dilantik oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi di Kendari pada 24 Agustus 2022 lalu.

Kini, nasib Basiran menjadi Pj Bupati Buton tinggal menunggu hari. Apakah Basiran akan lanjut menjadi Pj atau terhenti? Semua, tergantung Mendagri.

Tapi, jika melihat apa yang dialami Basiran saat ini, maka langkah Basiran untuk kembali menjabat sebagai Pj Bupati Buton nampaknya akan sirna.

Bagaimana tidak, tertanggal 7 Agustus 2023 lalu, Basiran telah dinonjob Gubernur Sultra, Ali Mazi dari jabatannya sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik. Artinya, sesuai aturan yang berlaku, maka Basiran sudah tidak memenuhi syarat menjabat Pj Bupati Buton.

Tidak hanya itu, DPRD Kabupaten Buton juga sudah tak menginginkan Basiran untuk menjadi Pj Bupati Buton. Hal itu dibuktikan dengan tidak diusulkannya nama Basiran ke Kementerian Dalam Negeri. Begitu juga dengan Pemprov Sultra, nama Basiran juga tak masuk usulan.

Dari apa yang terjadi, mulai dari DPRD Kabupaten Buton dan Pemprov Sultra tak mengusulkan lagi Basiran untuk menjadi Pj Bupati Buton, kemudian dengan dinonjobnya Basiran, maka sangat kecil kemungkinan Basiran akan kembali lagi menduduki jabatan sebagai Pj Bupati Buton mendatang, nasib Basiran saat ini “Ibarat Diujung Tanduk”. Tapi semua itu, kembali lagi kepada Mendagri sebagai penentu akhir (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *