Hukrim  

Panitia dan Tokoh Pemuda di Buton Bantah Kapolsek Lakukan Pungli: Soal Dugaan Penggelapan BBM Tak Berdasar

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Panitia Pesta Adat Wabula, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sukuri dengan tegas membantah tudingan dugaan pungutan liar (pungli) terhadap Kapolsek Wabula, IPTU Gustiansyah untuk biaya pengamanan pesta adat pada Juli 2023 lalu, tidak benar.

Menurut Sukuri, pihaknya memang telah menyediakan anggaran melalui kesepakatan bersama dalam hal ini panitia untuk biaya pengamanan pada pelaksanaan pesta adat tersebut.

“Persoalan dugaan pungli itu tidak benar, karena memang itu sudah diporsikan anggarannya yang telah kami sepakati bersama, dalam kesepakatan kami itu ada namanya biaya pengamanan, biaya pengamanan itulah yang kami distribusikan kepada teman-teman kepolisian dalam melaksanakan kegiatan pengaman pesta adat itu,” kata Sukuri kepada Terawangnews.com melalui telepon, Jum’at (8/9/2023) malam.

Senada dengan salah seorang tokoh pemuda Desa Wabula, Abdul Dafit bahwa, tudingan pungli terhadap Kapolsek Wabula tersebut tidak benar. Sebab, hal itu memang sudah disepakati oleh panitia pesta adat untuk biaya pengamanan bagi aparat kepolisian dalam hal ini Polsek Wabula.

“Jadi memang itu tidak benar kalau Kapolsek melakukan pungli, karena itu memang sudah disepakati oleh panitia mengenai biaya pengamanan pada acara pesta adat Wabula, jadi sekali lagi saya tegaskan tidak benar. Kenapa saya bilang begitu, karena memang kami khususnya saya tahu mengenai adanya kesepakatan tersebut,” tegasnya.

Untuk itu lanjut Abdul, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat Desa Wabula agar senantiasa berpikiran positif dan tidak terpengaruh terhadap isu-isu yang dapat memecah kebersamaan dan kekeluargaan yang selama ini sudah terbangun dengan baik.

“Jadi saya mengajak kita semua agar mari kita selalu berpikiran positif dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang bisa memecah bela persatuan dan kebersamaan kita yang selama ini sudah terjalin dengan baik,” ajaknya.

Tak hanya itu, Abdul juga memberikan dukungan penuh terhadap jajaran Polsek Wabula dalam menjalankan tugasnya demi keamana dan ketertiban masyarakat.

“Saya juga memberikan support kepada teman-teman Polsek Wabula untuk tetap menjalankan tugasnya dengan baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Abdul.

Sementara itu, Kapolsek Wabula, IPTU Gustiansyah juga kembali menegaskan, dirinya tak pernah melakukan penggelapan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar seperti yang diduga kan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Wabula, Riswan.

“Jadi saya kembali tegaskan bahwa saya tidak pernah melakukan penggelapan BBM yang seperti yang dikatakan adik-adik dari himpunan mahasiswa itu, karena memang hal itu tak berdasar,” tegas Gustiansyah melalui telpon, Jum’at (8/9/2023) malam.

(al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *