Pj Bupati Buton Hadiri Apel Siaga Pengurangan Risiko Bencana Nasional

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Pj Bupati Buton, Drs. La Ode Mustari, M.Si menghadiri secara langsung apel siaga dalam rangka kesiapan dan peringatan bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Tahun 2023, di Pelataran Barat Tugu Religi Sultra, Kendari, Rabu (11/10/2023) pagi.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Tenggara yang juga Sekjen Kemenkumham Komjen Pol. (Purn.) Dr. (H.C.) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H yang juga dihadiri Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr. Rustian, S. Si., Apt., M. Kes., para kepala daerah se-Sulawesi Tenggara, dan jajaran dari BNPB.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur menyampaikan, apel siaga hari ini selain kesiapsiagaan juga untuk menentukan, menjalankan, memonitoring, dan mengevaluasi langkah-langkah strategis Pengurangan Resiko Bencana (PRB). Semoga yang dirumuskan di Sulawesi Tenggara menjadi bahan Pembangunan berkelanjutan berbasis PRB.

“Saya selaku Pj tentu mendukung penuh hal-hal seperti ini untuk kemaslahatan umat, untuk pertolongan kepada masyarakat kita sendiri kita harus siap,” ujarnya.

Pj Gubernur mengatakan, tujuan umum peringatan PRB tahun ini adalah untuk membangun kesadaran bersama, membangun dialog dan mengembangkan jejaring antar pelaku PRB, serta dijadikan ajang bersama bagi pelaku PRB seluruh Indonesia.

“Langkah yang terukur, terarah, dan tepat sasaran dalam mengantisipasi, menyikapi, menderek, merehabilitasi bencana alam, bancana non alam, bencana sosial sudah saatnya berbasis pada riset dan inovasi nasional,” katanya.

Diakhir sambutannya Pj Gubernur mengucapkan selamat berurung rembuk dan bergotong royong gagasan, sebagai sumbangsi pengabdian kita secara berkelanjutan menghadirkan pengurangan risiko bencana yang menjadi basis rencana pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Puncak Peringatan Bulan merupakan agenda nasional yang juga bagian dari peringatan PRB Internasional (International Day For Disaster Risk Reduction) yang diperingati setiap tanggal 13 Oktober.

Setelah mengikuti apel siaga, Pj Bupati Buton yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Asnawi Jamaluddin, S.Pd., M.Si langsung menghadiri pembukaan pameran kebencanaan di Pelataran Selatan Tugu Religi Sultra yang di buka oleh Sekretaris Daerah Prov. Sultra Asrun Lio, M.Hum., Ph.D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *