Pj Bupati Buton Harap Angka Stunting di Kabupaten Buton Terus Menurun

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Penanganan pencegahan dan penurunan angka stunting menjadi perhatian serius Pemkab Buton. Pj Bupati Buton, Drs. La Ode Mustari, MSi pada setiap kesempatan selalalu mengajak dan menekankan semua pihak untuk serius dalam menangani penurunan angka stunting di Bumi Penghasil Aspal Alam terbesar di dunia tersebut.

“Saya mengajak peran serta semua pihak baik masyarakat maupun lembaga untuk bergotong royong dalam menangani kasus stunting,” kata Pj Bupati Buton ketika memimpin Rapat Pelaksanaan Diseminasi Hasil Kajian Dan Rencana Tindak Lanjut Audit Stunting Semester Satu di Aula Kantor Bupati Buton Kompleks Perkantoran Takawa, Senin (23/10/2023).

Pertemuan diseminasi audit kasus stunting bersama seluruh elemen di daerah ini menurut orang nomor satu di Kabupaten Buton itu bertujuan untuk menginterview pelaksanaan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Buton.

“Mari kita bangun kesepakatan membangun dan meningkatkan koordinasi komunikasi dan sinergi lintas sektor dan selanjutnya komitmen dan strategi percepatan penurunan stunting,” katanya.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada semua semoga apa yang kita lakukan mendapat ridho dari Allah Tuhan Yang Maha Esa,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Buton menyampaikan pembangunan keluarga menjadi aspek yang mutlak harus dilakukan. Sehingga tercipta keluarga berkualitas yang dapat mendukung masa depan bangsa dimana pembangunan keluarga saat ini menghadapi berbagai tantangan yang wajib ditangani bersama yakni masalah stunting.

“Kegiatan diseminasi audit stunting merupakan rangkaian kegiatan dalam upaya mengidentifikasi faktor resiko dan faktor penyebabnya pada kelompok sasaran keluarga berbasis data survailence rutin yaitu berupa data pengukuran di posyandu dan elektronik pencatatan dan pelaporan berbasis masyarakat,” ujarnya.

“Diseminasi itu jika dalam kajian ilmu sosial di dalamnya ada langkah langkah yg komperhensif membahas secara keseluruhan,” ungkap Pj Bupati Buton.

Pertemuan diseminasi audit kasus stunting yang kita laksanakan hari ini menurut Sekwan DPRD Sultra ini adalah suatu media informasi dan koordinasi seluruh pemangku kepentingan yang telah ditetapkan sebagai tim percepatan penurunan stunting Kabupaten Buton termasuk melibatkan pemerintah, swasta maupun organisasi kemasyarakatan lainnya.

 

Turut hadir dalam giat ini Sekretaris Daerah Kabupaten, Kepala OPD terkait, Perwakilan BKKBN Provinsi Sultra, Camat se-Kabupaten Buton, Anggota Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Buton, Dokter Spesialis Anak, Spesial Obgyn, Pakar Gizi Dinas Kesehatan Buton, Kepala Puskesmas Kabupaten Buton, dan Kepala Desa Lurah Lokus Stunting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *