Pj Ketua TP PKK Buton Lakukan Penanaman di Desa Kuraa, Kumbewaha, Tuangila dan Panen Cabai dan Pare di Kumbewaha

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Pj Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Buton Ny. Dra. Andi Asniwati Mustari melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Siotapina dan Kecamatan Kapontori, Minggu (25/2/2024).

Dalam kunjungan kerja tersebut Pj Ketua TP PKK melakukan penanaman cabai di Desa Kuraa dan Desa Kumbewaha, Kecamatan Siotapina, dilanjutkan di Desa Tuangila, Kecamatan Kapontori.

Penanaman cabai tersebut merupakan salah satu gerakan yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Buton dalam hal ini Pj Bupati Buton, Drs. La Ode Mustari, M.Si. untuk menanggulangi dan mengendalikan inflasi di Kabupaten Buton.

Dalam kunjungan tersebut Pj Ketua TP PKK berharap dengan penanaman cabai ini dapat membantu masyarakat terutama ibu-ibu, kemudian mengajak semua masyarakat untuk memanfaatkan pekarangannya.

“Semoga penanaman cabai ini bisa bermanfaat buat ibu-ibu ke depan karena bisa menghemat dan uangnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lain. Mari kita manfaatkan pekarangan untuk ketahanan pangan keluarga kita,” ujarnya.

Usai melakukan penanaman cabai di Desa Kuraa dan Kumbewaha, Ketua TP PKK melakukan panen cabai dan sayur Pare di Demplot (Kebun percontohan) milik Kelompok Wanita Tani Desa Kumbewaha.

Demplot milik Kelompok Wanita Tani tersebut memiliki tanaman dan pembibitan yang dilengkapi springgle (Penyemprotan)

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Ma’mul Djamal, SP, M.Si menguraikan penanaman cabai yang dimulai dari desa itu dimaksudkan untuk pemanfaatan pekarangan yang dimulai dari desa nanti diikuti oleh seluruh masyarakat di desa.

“Kebetulan ada beberapa desa yag memiliki P2L yang merupakan rumah bibit yang memproduksi bibit sebanyak-banyaknya dan akan dibagikan kepada petani,” katanya.

Menurut Ma’mul gerakan ini merupakan bentuk menjaga ketahanan pangan, pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan ekstrim dan penurunan angka stunting yang merupakan program pemerintah secara menyeluruh di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan yang sama Asisten Sekda Kabupaten Buton Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Alimani, S.Sos., M.Si mewakili Pj Bupati Buton menyampaikan pesan bahwa kegiatan penanaman tersebut bisa terus berlanjut hingga seterusnya.

“Semangat menanam ini jangan sampai kendor, namun terus-terus kita tingkatkan sampai masa yang akan datang,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para kepala OPD, Camat Siotapina, Camat Lasalimu, Camat Kapontori, Kepala Desa Kuraa, Kepala Desa Kumbewaha, Kepala Desa Tuangila, Anggota TP PKK Kabupaten Buton, dan para Kelompok Tani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *