Pemda Diduga ‘Sunat’ ADD hingga Rp100 Juta Lebih Tanpa Alasan Jelas, Pj Bupati Buton La Ode Mustari Belum Beri Tanggapan

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) diduga ‘sunat’ Alokasi Dana Desa (ADD) hingga Rp100 juta lebih per desa di tahun anggaran 2024 ini.

Pemotongan ADD itu pun diduga tidak jelas apa alasannya. Seperti yang diungkapkan salah seorang kepala desa (Kades) di Kabupaten Buton. Ia mengaku tak tahu pasti alasan pemotongan tersebut.

“Nda tau juga ini sodaraku, terpangkas 100 lebih, makanya ko bantu kita juga teriak, semua desa sama nasibnya kita ini,” kata Kades yang enggan dituliskan namanya kepada media ini, Senin (15/4/2024) sore.

Akibat pemotongan dana tersebut lanjut Kades, insentif sejumlah perangkat di desanya terpaksa juga harus terpotong.

“Kita bagi juga insentif kemarin mereka mengomel, tapi mau diapa kita dengar-dengar saja kita hadapi masyarakat ini,” ungkapnya.

Menurutnya, Pemda akan menggantikan ADD yang dipotong itu pada anggaran perubahan 2024 mendatang. Namun, mengenai kejelasannya ia juga belum bisa memastikan.

“Katanya mau diganti di perubahan bulan 10 (Oktober 2024-red), tapi nda tau juga benar atau tidak,” imbuhnya.

Senada dengan pemerintah desa lainnya. Salah seorang bendahara desa membenarkan adanya pemotongan ADD tersebut sekira 54 persen. Namun, mengenai alasannya ia tak tahu pasti. ADD di desa tersebut sampai saat ini belum dicairkan.

“Aduh kurang tahu juga bang, ADD dikurangi 54 persen,” katanya.

“Sudah dikurangi banyak, terlambat lagi dicairkan sampe saat ini belum cair,” sambungnya.

Sementara itu, hingga berita ini diterbitkan, Kepala DPMD Kabupaten Buton, Murtaba Muru maupun Kepala BKAD, Sunardin Dani belum bisa dikonfirmasi. Berulang kali dihubungi melalui telepon tak diangkat.

Sama halnya dengan Pj Bupati Buton, La Ode Mustari, belum bisa dikonfirmasi. Dihubungi melalui sambungan teleponnya tak diangkat, begitupula dichat melalui WhatsApp nya juga belum dibalas.

Sebagai informasi tambahan, Pj Bupati Buton, La Ode Mustari diketahui akan maju bertarung di Pilwali Kota Baubau pada 27 November 2024 mendatang.

Penulis: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *