Saatnya Indonesia Miliki Grand Design Keolahragaan

0
30
Mempora, Zainudin Amali (Foto: ist).

TerawangNews.com, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia, melakukan uji publik Penyusunan Grand Design Keolahragaan di Hotel JW Marriot, Kota Medan, Kamis (12/11). Uji publik Penyusunan Grand Design Keolahragaan ini, melibatkan para akademisi dan juga stakeholder penggiat olahraga di Sumatera Utara.

Dalam uji publik Penyusunan Grand Design Keolahragaan, dibuka langsung oleh Menpora Zainudin Amali yang dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi beserta pejabat setempat.

Menpora menyebut, uji publik Penyusunan Grand Design Keolahragaan ini untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait perbaikan ekosistem keolahragaan nasional. Sebab selama ini, Indonesia tidak mempunyai grand design yang jelas tentang pembinaan olahraga meski 75 tahun merdeka.

“75 tahun kita sudah merdeka, tapi kita tidak mempunyai grand design yang jelas,” katanya seperti rri.co.id.

Zainudin Amali menekankan, pembinaan prestasi olahraga Indonesia wajib diatur dan tidak boleh terbentuk dengan instan.

“Terciptanya atlit berprestasi harus di desain bukan karena dicari,” ucapnya.

Grand Design Keolahragaan Nasional memiliki sasaran jangka menengah dan jangka panjang, mulai 2020 hingga tahun 2045.

“Dengan melakukan revitalisasi di berbagai jenjang pembinaan dengan dukungan sport science agar pembinaan bisa lebih terukur,” terang Menpora.

Apalagi pada tahun ini, Provinsi Sumut telah memulai grandbreaking pembangunan kawasan olahraga terpadu Sumut Sport Center seluas 300 Hektar, di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Kawasan ini akan dijadikan venue pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. (Joko Saputra).

Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul “Menpora: Saatnya Indonesia Miliki Grand Design Keolahragaan” (ali).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here