Cegah Abrasi, Pemda Buton Bakal Bangun Talud dengan Anggaran Rp17 Miliar

0
147

TerawangNews.com, BUTON – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar seminar perencanaan pembangunan talud pesisir pantai di Kecamatan Pasarwajo demi menyelamatkan warga sekitar dari ancaman abrasi, Sabtu (5/12/2020).

Sekretaris Daerah Kabupaten Buton La Ode Zilfaar Djafar mengatakan, tujuan seminar tersebut untuk merancang dan merekonstruksi talud di Kelurahan Pasarwajo karena  terancam abrasi akibat padatnya pemukiman penduduk.

Berdasarkan rancangan awal, pembangunan talud sepanjang 470 meter akan memakan anggaran besar sejumlah Rp17 Milyar.

“Ini anggarannya dari BPBD dari Pusat kurang lebih 17 Milyar untuk fisiknya dana hibah dan sekarang dalam tahap perencanaan,” tutur Zilfar usai kegiatan  di Baubau dikutip dari rri.co.id.

Menurut Sekda, rehabilitasi pembangunan talud akan memberikan rasa aman bagi warga sekitar pesisir Pantai Kelurahan Pasarwajo, mengingat Kawasan pesisir di kelurahan tersebut berhadapan langsung dengan lautan bebas serta ancaman ombak besar.

“Diharapkan saat ada kontraktor memenangkan saat pelelangan fisik supaya mengadakan komunikasi dengan masyarakat sekitar supaya pelaksanaan kegiatan ini bisa berjalan lancer dan pesuasif dengan kondisi masyarakat yang ada dan jangan menggangu ketentraman yang ada,” pesannya.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Buton Manafu mengatakan, pembangunan fisik ditargetkan action 2021 mendatang.

”Tinggi talud sementara  perencanaan dan didesain, hari ini kita masih seminar dan butuh masuka-masukan dari tehnis, setelah OK semua baru action,” kata Manafu.

Lanjut Manafu, sebelumnya rencana pembangunan talur telah disosialisasikan dan telah mendapat persetujuan berbagai pihak termasuk Masyarakat Pesisir Pantai Pasarwajo.

Adapun peserta kegiatan BPBD Buton, Camat dan Warga Kelurahan Pasarwajo.

Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul “Pemkab Buton Bakal Bangun Talud 470 Meter di Pesisir Kelurahan Pasarwajo,”.

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here