Polisi Punya CCTV, FPI Sodorkan Rekaman Suara

0
351

TerawangNews.com, – JAKARTA – Bentrok antara personel Polda Metro Jaya dan pengawal Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Riziek Shihab (HRS) masih menyisakan tanda tanya sebagion pihak perihall kronologi kejadian.

Dua pihak saling tuding mengawali serangan, diperkuat dengan bukti masing-masing terkait rekaman percakapan dan CCTV sesaat sebelum peristiwa menewaskan enam pengawal HRS tersebut di tol Jakarta-Cikampek (Japek).

“Ada (bukti rekaman CCTV-red) ini kan lagi kita bongkar,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa (8/12/2020).

Yusri memastikan, akan terus mengumpulkan bujkti dari rekaman CCTV, meskipun enggan menyampaikan secara detil lokasi CCTV  tersebut.

Pihak lain, FPI mengklaim, juga memiliki rekaman suara para laskar mengambarkan suasana mobil yang ditumpangi dikepung tiga mobil lain.

“Ini suara anak-anak laskar pengawal IB HRS (Imam Besar Habib Rizieq Shihab, red) saat detik-detik dikepung oleh tiga mobil, ditangkap, diculik, lalu dibawa ke suatu tempat untuk dibantai,” kata Sekretaris Umum Front Pembela Islam, Munarman, Selasa (/8/12/2020).

Sepeti diketahui, kasus ini monarik sikap Komnas HAM mencari kebenaran dengan membentuk tim investigasi.

Wakil Ketua Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, tim tersebut telah bergerak mengumpulkan informasi beredder di publik dan sumber lain.

“Lewat pemantauan dan penyelidikan, kami telah membuat tim investigasi untuk mendalami informasi,” kata Anam dalam keterangannya, Senin (7/12/2020).

Diharapkan, hasil investigasi nantinya dapat menyelesaikan keraguan sebagian pihak terkait kasus ini.

Atas itu, ia mengharapkan,  Polda Metro Jaya dan FPI mau bekerjasama dan terbuka.

Menurutnya, tim investigasi Komnas HAM bakal menggali seluruh keterangan dari Kepolisian dan ormas FPI untuk mengungkap peristiwa yang terjadi terhadap enam orang Laskar FPI yang tewas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 50 tersebut.

“Kami berharap semua pihak mau bekerja sama dan terbuka,” pungkasnya.

Sumber: rri.co.id

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here