Pagi Ini, Puluhan Pelajar di Buton Bertolak ke Kendari, Bakal Tarung pada Ajang POPDA II Sultra

0
389

TERAWANGNEWS.COM, BUTON – Sebanyak 57 pelajar di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai dari tingkat SMP hingga SMA/sederajat bakal berlagak di Kendari pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) II Sultra yang akan dilaksanakan selama 5 hari, sejak 23-27 Maret 2021 mendatang.

Para pelajar yang terdiri dari perempuan dan laki-laki tersebut akan mengikuti 5 cabang olahraga (cabor) dari 6 cabor yang dipertandingkan yaitu atletik, takraw, pencak silat, karate, dan tenis meja.

“Dari 6 cabor, Buton hanya akan ikut 5 saja yaitu atletik, takraw, pencak silat, karate, dan tenis meja,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Buton, Zainuddin Napa saat ditemui dalam persiapan pelepasan kontingen di Halaman Rujab Bupati Buton, Minggu (21/3/2021) pagi.

Satu cabor yang tidak ikut dipertandingkan tersebut lanjut Bang Uddin (sapaan akrab Zainuddin Napa-red) adalah kempo karena tidak ada atletnya. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Buton juga disebut tak proaktif dalam mempersiapkan atlet.

“Sampe hari ini kita cari cabornya tapi tidak ada, karena KONI juga proaktif,” ungkapnya.

Pelajar yang rata-rata berusia 17 tahun ke bawah ini merupakan hasil seleksi dari sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Buton.

“Ini merupakan hasil seleksi dari sekolah-sekolah yang ada di Buton,” sebutnya.

Sebelum ini tambah dia, para peserta sudah dipersiapkan untuk mengikuti POPDA, diantaranya rutin melakukan latihan oleh masing-masing cabor. Sehingga ia yakin, Buton akan menyabet juara satu pada ajang tersebut.

“Sebelumnya sudah latihan memang, sudah dibina langsung oleh cabor-cabornya, kita yakin, kita akan dapat juara 1 dari semua cabor yang dipertandingkan nanti,” yakinnya.

Sementara itu, Bupati Buton, La Bakry pada upacara pelepasan mengatakan, keikutsertaan para pelajar ini akan menjadi tolak ukur kesiapan Buton menjadi tuan rumah pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 mendatang.

“Ini akan menjadi tolak ukur kesiapan Buton menjadi tuan rumah pada Pekan Olahraga Provinsi mendatang,” katanya.

Walau ia sadari bahwa hal tersebut tidaklah mudah. Namun, dibawah kepemimpinan Zainuddin Napa selaku Kepala Dispora Buton, La Bakry yakin semua akan teratasi.

“Dengan segala macam hambatan dan tantangan yang ada, dibawah Dinas Pemuda dan Olahraga, tidak ada masalah tanpa bisa diselesaikan,” pujinya.

Ketua DPD II Golkar Buton ini berharap, selama dalam perjalanan dan saat mengikuti pertandingan, para peserta tetap kompak dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas.

“Harapan kita, Anda semua bisa jaga kesehatan, kompak, dan selalu menjunjung nilai-nilai sportifitas selama mengikuti pertandingan, bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan daerah, dan yang terpenting bisa kembali dengan sehat dan selamat,” harapnya.

Untuk diketahui, para peserta dan 23 official tersebut, pagi ini bertolak ke Kendari lewat jalur darat dengan menggunakan mobil bus yang disiapkan oleh Pemkab Buton.

Hadir dalam upacara pelepasan antara lain, Asinsten I Setda Buton, Alimani dan Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Buton, Nanang Lakaungge.

Hingga berita ini dinaikan, belum ada konfirmasi dari Ketua ataupun Anggota KONI Buton, terkait dugaan ketidakproaktifannya dalam menyiapkan atlet khususnya pada cabor kempo.

(ras/al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here