Kesulitan Jaringan Telekomunikasi, Masyarakat Desa Wajah Jaya Harus Naik ke Atas Bukit

0
89

TERAWANGNEWS.COM, BUTON – Susahnya jaringan telekomunikasi mengharuskan masyarakat Desa Wajah Jaya, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) menuju ke atas bukit atau dataran yang lebih tinggi hanya untuk mendapatkan jaringan.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Wajah Jaya, Yanti belum lama ini.

Menurutnya, akibat tidak adanya jaringan membuat masyarakat Wajah Jaya kesulitan mendapatkan informasi dengan cepat.

“Kita disini betul-betul sangat kesulitan jaringan, akhirnya dia hambat kita punya pekerjaan, terutama mendapatkan informasi dengan cepat,” keluhnya.

Selain itu, masalah jaringan ini juga membuat para orang tua siswa kesulitan memantau anak-anaknya. Apalagi dengan sistem pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dewasa ini. Karena anak-anak harus ke atas bukit untuk mendapatkan jaringan internet yang jaraknya cukup jauh dari perkampungan.

“Bukan hanya masyarakat dan Pemerintah Desa saja yang kesulitan, anak-anak sekolah juga, karena mereka harus naik di gunung baru bisa dapat jaringan, sehingga orang tua kesulitan memantau anak-anaknya, kadang anak-anak itu bukan lagi belajar tapi sudah main game mi,” ungkapnya.

Masalah jaringan ini lanjut Yanti, sudah pernah diusulkan ke Pemkab Buton. Lahan seluas 20X20 meter juga sudah dihibahkan oleh Pemdes Wajah Jaya untuk pembangunan Tower. Namun, sampai saat ini belum ada reaslisasi.

“Pernah diusulkan ke Pemda, bahkan Pak Bupati juga sudah kita sampaikan, tapi sampai saat ini belum ada progresnya seperti apa,” akuinya.

Untuk diketahui, dari hasil pantauan media ini, bukan hanya Desa Wajah Jaya yang kesulitan jaringan, desa-desa tetanggapun di Kecamatan Lasalimu Selatan, seperti Desa Sumber Agung, Sangia Arano, Mulya Jaya, Harapan Jaya, Siontapina, Rejosari, dan Mega Bahari, juga mengalami hal yang sama.

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here