Kuota Terbatas, Buruan Daftar! BLK Buton Buka Pelatihan Menjahit, Ini Syaratnya

0
229

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pemerintah Kabupaten Buton (Pemkab) melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) kembali membuka pendaftaran pelatihan pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kali ini, pelatihan fokus pada menjahit pakaian dengan menggunakan mesin.

Adapun kuota yang dibutuhkan yaitu sebanyak 16 peserta, dengan syarat minimal usia 18 tahun dan maksimal 35 tahun, pria maupun wanita.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Buton, Simiati, S.Sos mengatakan, pelatihan ini merupakan peluang besar bagi para generasi muda khususnya masyarakat Kabupaten Buton untuk memperoleh kemampuan menjahit.

“Pelatihan ini menjadi peluang besar bagi para generasi muda Buton untuk memperoleh keterampilan atau skill menjahit dengan mesin,” katanya, Jum’at (13/8/2021).

Setelah lulus nanti, Simiati berharap kepada seluruh peserta pelatihan dapat menciptakan lapangan kerja dengan kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya.

“Setelah lulus dari pelatihan, para peserta diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri dari bekal keterampilan dan sertifikat yang telah dimiliki,” harapnya.

Selain pelatihan menjahit tambah Simiati, BLK Buton juga sedang menyelenggarakan pelatihan otomotif tahap 3 selama 35 hari yang dimulai sejak 12 Agustus 2021, sama halnya dengan pelatihan TIK, yang saat ini juga sementara dilaksanakan dan direncanakan rampung pada tanggal 16 Agustus 2021 ini.

Untuk itu, masih kata Simiati, bagi calon peserta yang ingin daftarkan diri, bisa datang langsung ke Kantor UPTD BLK Buton, di Eks Kantor Dinas PU Buton, tepatnya di belakang Kantor KPU Kabupaten Buton, Kecamatan Pasarwajo.

Untuk diketahui, waktu pendaftaran dibuka selama 9 hari, sejak 12-20 Agustus 2021.

Adapun persyaratan yang dibutuhkan antara lain:

1. Fotocopy KTP, 1 rangkap.
2. Fotocopy Ijazah terakhir, 1 rangkap.
3. Fotocopy Kartu Keluarga, 1 rangkap.

Sedangkan fasilitas yang akan diperoleh peserta pelatihan diantaranya:

1. Ilmu yang bermanfaat.
2. Sertifikat pelatihan.
3. Biaya transportasi selama pelatihan.
4. Snack pagi dan makan siang.

Reporter: Rasmin Tara

Editor: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here