Permandian Baaluwu Matanauwe, Objek Wisata yang Menyimpan Pesona Terpendam

0
49

TERAWANGNEWS.com, Buton – Permandian Baaluwu, salah satu objek wisata di Kabupaten Buton yang menyimpan pesona terpendam.

Permandian Baaluwu yang berada di Desa Matanauwe, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) ini terbilang unik.

Permandian yang lebih dikenal dengan sebutan Kolam Matanauwe ini tepat berada di tengah-tengah kampung atau Desa Matanauwe.

Airnya yang jernih dan segar menambah indahnya permandian ini. Di sekitaran permandian terdapat beberapa gazebo dan pepohonan yang cukup rindang.

Permandian berbentuk kolam besar ini, tak begitu dalam. Ketinggiannya sebatas dada orang dewasa.

Di sebelah kolam besar tersebut, terdapat kolam berukuran kecil, atau biasa disebut kolam perempuan.

Permandian Baaluwu ini memiliki banyak mata air yang keluar dari lobang batu. Tak hanya digunakan untuk mandi, masyarakat setempat juga sering mencuci di permandian tersebut.

Dari banyaknya mata air yang keluar dari lobang batu. Ada satu mata air yang dilarang untuk berenang, karena sering digunakan warga untuk minum dan memasak.

Salah satu warga Matanauwe, Weni mengatakan, permandian tersebut sudah lama dimanfaatkan warga setempat.

Tak hanya warga desa, warga dari luar desa juga sering memanfaatkan permandian tersebut. Baik untuk kebutuhan minum dan memasak, maupun hanya datang untuk mandi.

“Sudah lama ini kolam, bukan hanya warga di sini yang gunakan, masyarakat dari luar desa ini juga mereka sering datang,” katanya, Senin (15/11/2021).

“Baru airnya ini dia segar, dia jernih,” sambungnya.

Untuk bisa sampai di permandian ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Jalan masuk ke lokasi permandian pun sudah teraspal.

Waktu yang dibutuhkan dari Pasarwajo, ibukota Kabupaten Buton ke permandian ini hanya sekira 30 menit.

Nah, bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke Buton, jangan lupa ya kunjungi permandian yang satu ini.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here