Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Pemkab Buton Terus Lakukan Implementasi Germas dan Pencegahan Stunting

0
51

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini terus melakukan implementasi germas dan pencegahan stunting. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Buton.

Seperti yang dilakukan di halaman Kantor Camat Siotapina, Sabtu (18/12/2021) yang dihadiri antara lain, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton beserta rombongan, Camat Siotapina, Kapolsek Sampuabalo, Koramil Siotapina, Kepala Desa se-Kecamatan Siotapina, Kepala Puskesmas Siotapina, Kepala Puskesmas Kumbewaha, serta para tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Siotapina.

Camat Siotapina, La Rahadi dalam sambutannya mengatakan bahwa, implementasi germas dan pencegahan stunting di wilayah Kecamatan Siotapina sudah berjalan, seperti meningkatnya peran serta masyarakat dalam melaksanakan germas terutama gemar melaksanakan aktifitas fisik, aktif menghadiri Posyandu dan Posbindu untuk melakukan deteksi dini terhadap penyakit.

“Kemudian, mengoptimalkan peranan kader pembangunan manusia dan kader kepo untuk melakukan bina keluarga sehat kepada sasaran 1000 HPK mulai dari ibu hamil sampai anak berusia 2 tahun,” katanya.

“Serta meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya perbaikan sanitasi lingkungan yang ditunjukan dengan meningkatnya desa ODF atau desa stop buang air besar sembarangan tempat setiap tahunnya,” sambung La Rahadi.

Hingga tahun 2021 ini lanjut La Rahadi, ada 4 desa di wilayah Kecamatan Siotapina yang telah dinyatakan sebagai desa ODF, yaitu Desa Kuraa, Gunung Jaya, Matanauwe, dan Karya Jaya.

Ia berharap, implementasi germas dan pencegahan stunting ini bisa terus ditingkatkan dan mendapat dukungan dari semua sektor, mulai dari kepala desa, kepolisian, TNI, masyarakat, dan mitra potensial lainnya.

Pada kesempatan itu juga, sebagai wujud implementasi germas, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan vaksinasi, sehingga Kabupaten Buton khususnya Kecamatan Siotapina dapat mencapai target vaksinasi 70 persen dan bahkan 100 persen.

Mengakhiri sambutannya, La Rahadi mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Buton yang telah melaksanakan kegiatan tersebut di Kecamatan Siotapina.

“Dan akhirnya mewakili pemerintah dan seluruh masyarakat Kecamatan Siotapina, saya ucapkan selamat memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 57 pada 12 November tahun 2021,” tutupnya sekaligus membuka secara resmi gerakan implementasi germas dan pencegahan stunting.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Alimani mengatakan, fokus utama pada implementasi germas dan pencegahan stunting ini adalah melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, dan memeriksa kesehatan secara rutin untuk mendeteksi penyakit tidak menular atau PTM.

“Kemudian melakukan intervensi stunting pada sasaran 1000 hari pertama kehidupan sejak ibu hamil sampai anak berusia 2 tahun serta perbaikan sanitasi,” kata Alimani.

Ia berharap, dengan kegiatan tersebut, dapat mewujudkan masyarakat yang mandiri dan produktif sehingga dapat berperan aktif dalam pembangunan di daerah Kabupaten Buton khususnya, dan Indonesia umumnya.

“Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku,” harapnya.

Pada kesempatan itu juga, Alimani tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Buton atas bantuan mobil operasional pencegahan dan penanggulangan stunting dari Gubernur Sultra, Ali Mazi yang saat ini sudah dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan di lapangan.

Diakhir sambutannya, Alimani mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Sebagai tambahan informasi, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan Banner Roll pencegahan Covid-19 oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Alimani kepada 11 kepala desa di wilayah Kecamatan Siontapina yang merupakan bantuan dari Dinas Kesehatan Sultra, serta pnyerahan bingkisan bagi desa ODF oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton, Delya Montolalu La Bakry.

Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga dirangkaikan denga lomba kuliner buah serta peninjauan pelaksanaan vaksinasi massal di halaman Kantor Camat Siotapina.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here