Kadis PK Sultra Asrun Lio Resmikan Gedung Baru SMK Negeri Kemaritiman di Sampuabalo, Kepsek Wa Rina: Terimakasih Pak Kadis

0
505

TERAWANGNEW.com, Buton – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis PK) Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio meresmikan gedung baru SMK Negeri Kemaritiman Siotapina di Desa Sampuabalo, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sultra, Minggu (16/1/2022).

Dalam sambutannya, Kadis PK Sultra, Asrun Lio mengatakan, gedung yang diresmikan yaitu sebanyak 3 ruang kelas belajar (RKB).

Hal ini katanya, merupakan perintah dari Gubernur Sultra, Ali Mazi bahwa tahun 2022 ini harus ada tambahan 3 RKB untuk SMK Negeri Kemaritiman Siotapina di Desa Sampuabalo.

“Ada 3 unit gedung yang kita resmikan di sini, ini perintah dari Bapak Gubernur, H. Ali Mazi bahwa tahun ini tambah 3 RKB, dan kalau sudah Pak Gubernur yang bicara walaupun itu lisan maka itu adalah keputusan yang dimana kita bawahan ini harus laksanakan,” kata Asrun Lio.

Selain itu lanjut Asrun Lio, melalui Bidang Sarana dan Prasarana Dinas PK Sultra, nantinya juga akan ada penambahan 6 RKB dan 2 ruang praktik siswa (RPS) sesuai 3 jurusan yang ada di SMK Negeri Kemaritiman Siotapina.

“Dan ini patut kita syukuri, karena kepala sekolahnya, Ibu Rina yang sabar menunggu kurang lebih 3 tahun yang menitip anak-anak didiknya selama ini di SD (Sekolah Dasar),” ujarnya.

“Ini adalah buah kesabaran dari beliau yang mau dan penuh keterbatas, tapi beliay selalu membuat proposal dan selalu berkonsultasi supaya pembangunan gedung di sekolahnya segera dilaksanakan, dan alhamdulillah bisa kita realisasikan dan hari ini kita resmikan walaupun baru 3 RKB,” sambung Asrun Lio.

Melalui dirinya tambah Asrun Lio, Gubernur Sultra, Ali Mazi akan menjadian SMK Negeri Kemaritiman Siotapina sebagai sekolah unggulan di wilayah Sultra bahkan untuk wilayah di kawasan Indonesia Timur.

“Dan ini sudah disampaikan Bapak Gubernur ke Dirjen,” sebutnya.

Untuk mendukung hal itu masih kata Asrun Lio, Gubernur Sultra juga di tahun 2022 ini akan mendirikan Institut Kelautan Buton melalui Sultra Rakyat 2020, dimana saat ini izin operasionalnya masih dalam proses.

“Kita akan gunakan Eks Kantor Bupati Buton dan kita harapkan supaya kabupaten kota yang ada di Sulawesi Tenggara nantinya bisa mengutus mahasiswa dalam ikatan dinas sehingga alumni bisa masuk dalam perguruan tinggi,” ungkapnya.

Hal ini lanjut Arsun Lio, merupakan komitmen dari Gubernur Sultra, Ali Mazi untuk masyarakat Sultra khususnya Kabupaten Buton.

“Karena kalo SDM nya baik, artinya anak-anak kita minimal sudah bisa sarjana, maka kualitas daerah ini akan lebih baik,” bebernya.

Sebelumnya pada peresmian tersebut, Kepala SMK Negeri Kemaritiman, Wa Rina mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sultra dalam hal ini Kadis PK, Asrun Lio yang telah mendirikan gedung baru SMK Negeri Kemaritiman Siotapina.

“Terimakasih kepada Bapak Gubernur Sulawesi Tenggara, terimakasih Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara yang telah mendirikan gedung baru di sekolah kami yang hari ini diresmikan,” katanya.

Wa Rina juga tak lupa mengucapkan terimaksih kepada Anggota DPRD Sultra, Syahrul Said dan Anggota DPRD Kabupaten Buton dari Partai Nasdem, Sabaruddin Paena serta pihak terkait lainnya sehingga apa yang diharapkan bisa terwujud.

“Kami juga ucapkan terimakasih banyak kepada Anggota DPRD Sulawesi Tenggara dan Anggota DPRD Kabupaten Buton serta pihak terkait lainnya karena apa yang kami harapkan bisa direalisasikan,” ucapnya.

Disebutkan Wa Rina, sekolah yang dipimpinnya terdapat 3 jurusan yaitu Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan, Jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan, dan Jurusan Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut, dengan jumlah guru sebanyak 23 orang yang masih berstatus guru tidak tetap (GTT).

Dikesempatan itu juga, Kepala Desa Sampuabalo, La Jadihin dalam sambutannya mengucapkan terimaksih kepada Kadis PK Sultra dan pihak terkait lainnya karena telah membantu pembangunan sekolah di desanya.

“Saya mewakili pemerintah desa dan seluruh masyarakat Sampuabalo mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara dan pihak terkait lainnya yang telah membantu pembangunan sekolah di desa kami,” ucapnya.

Sebagai wujud perhatian dan dukungan terhadap pembangunan gedung SMK Kemaritiman tersebut lanjut La Jahidin, pihaknya telah mengerjakan jalan setapak menuju sekolah dengan menggunakan dana desa (DD) yang saat ini sudah dimanfaatkan.

“Sebagai bentuk perhatian kami selaku pemeruntah desa, kami langsung membuat jalan setapak menuju sekolah dari dana desa,” ungkapnya.

 

Senada dengan Camat Siotapina, Muhammad Ridwan. Atas nama pemerintah kecamatan dan masyarakat Siotapina, Ia mengucapkan terimakasih kepada Kadis PK Sultra dan ibu serta rombongan, dan Anggota DPRD Sultra, Syahrul Said dan Anggota DPRD Kabupaten Buton, Sabaruddin Paena atas hadirnya di peresmian gedung baru SMK Negeri Kemaritiman Siotapina dibawah kepemimpinan Gubernur Sultra, Ali Mazi.

“Atas nama pemerintah kecamatan dan seluruh masyarakat Kecamatan Siotapina, saya ucapkan terimaksih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara bersama ibu dan rombongan, kepada Anggota DPRD Sulawesi Tenggara dan Anggota DPRD Kabupaten Buton atas hadirnya di gedung baru ini dibawah kepemimpinan Gubernur Sulawesi Tenggara, Bapak Haji Ali Mazi,” ucapnya.

Amatan media ini, usai meresmikan gedung baru SMK Negeri Kemaritiman Siotapina yang ditandai dengan penggutingan pita, Kadis PK Sultra didampingi Syahrul Said, Sabaruddin Paena, Kepala Bidang Pembinaan SMK dan PKLK Dinas PK Sultra, La Ode Fasikin serta pejabat terkait lainnya, Asrun Lio juga langsung meninjau ke dalam ruangan gedung baru tersebut.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here