La Bakry Buka Sosialisasi Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Buton, Kadinkes Harap Orang Tua Relakan Anaknya Divaksin

0
120

TERAWANGNEWS.com, Buton – Bupati Buton, La Bakry secara resmi membuka sosialisasi vaksinasi pada anak 6-11 tahun di Gedung Wakaka, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (24/1/2022) siang.

Sosialisasi tersebut turut dihadiri antara lain, Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, pihak kepolisian, TNI, kejaksaan, para kepala puskesmas dan pihak terkait lainnya.

Sosialisasi tersebut merupakan kerjasama antara Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Buton yang didukung seluruh stakeholder yang ada.

Dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi, Bupati Buton, La Bakry mengatakan, sosialisasi penting dilakukan agar masyarakat khususnya para orang tua bisa memahami pentingnya vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi.

“Kenapa, supaya pemahaman terhadap vaksinasi ini tidak sepenggal-sepenggal,” kata La Bakry.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Ketua DPD II Golkar Buton ini tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas kerjasama yang telah dilakukan selama ini dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

“Dan kita berharap, umicron tidak masuk di Buton, tapi kita harus punya kekebalan kelompok secara bersama-sama agar terhindar dari kobaran virus Covid-19,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Syafaruddin mengatakan, dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para peserta sosialisasi dapat melanjutkan dan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya para orang tua akan pentingnya vaksinasi terhadap anak.

“Sehingga pesan sosialisasi ini bisa disampaikan ke masyarakat utamanya para orang tua,” katanya kepada awak media.

“Dengan harapan maka mereka dengan suka rela mengantar anaknya ke tempat pelayanan imunisasi anak yang direncanakan dilakukan di sekolah,” harapnya.

Setelah sosialisasi tersebut lanjut Syafaruddin, akan diadakan launching yang rencanany dilaksanakan pada Jum’at (28/1/2022) mendatang. Namun, jika ada dari pihak puskesmas ataupun sekolah yang sudah siap sebelum waktu launching maka pelayanannya bisa dilakukan untuk percepatan pencapaian target.

“Setelah selesai sosialisasi ini kita akan launching, Insya Allah hari Jum’at oleh Pak Bupati, namun apabila ada teman-teman puskesmas atau sekolah sudah siap sebelum waktu launching, bisa dilaksanakan pelayanannya untuk percepatan pencapaian target,” jelasnya.

Lebih lanjut, Syafaruddin mengatakan, vaksin yang akan digunakan yaitu jenis Sinovac. Adapun, sasaran vaksinasi sesuai data dari Kemenkes yaitu sekira 14.176 anak.

“Namun dari sasaran pendataan ril kita, sekitar 14.025 sekian, yang didata para guru yang disampaikan ke Dinas Pendidikan,” sebutnya.

“Jadi lebih sekitar 100 lebih dibanding data Kemenkes,” lanjut Syafaruddin.

Adapun narasumber pada sosialisasi tersebut tambah Syafaruddin antara lain yaitu, dari Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, Dokter dari RSUD Buton, dan Dokter Ahli Anak dari RSUD Baubau.

Hingga berita ini ditayangkan, sosialisasi masih berlangsung.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here