NPHD Diteken, Ini Harapan Sekda dan Ketua KONI Buton, Sementara Kadispora Bilang Dinas Tidak Akan Berurusan Lagi dengan Cabor

0
247

TERAWANGNEWS.com, Buton – Sempat tertunda, Nota Pemberian Hibah Daerah (NPHD) Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Prestasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) sebesar Rp3 miliar ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya diteken.

Penandatangan NPHD itu dilakukan di Aula Kantor Bupati Buton, Kamis (7/4/2022) sore dihadiri antara lain, Bupati Buton, La Bakry dan para pengurus cabang olahraga (cabor) Kabupaten Buton.

Bertindak sebagai saksi pada penandatangan berita acara NPHD tersebut yaitu Sekda Buton, La Ode Zilfar Djafar, Plt Kepala Inspektorat Buton, Gandit dan Kepala BPKAD Buton, Sunardin Dani.

Mewakili Pemkab Buton, Zilfar Djafar dalam sambutannya berharap, pelaksanaan Porprov pada Desember 2022 mendatang, Buton harus menjadi yang terbaik atau dapat meraih rangking pertama.

“Tadi mendengarkan tekad masing-masing dan khususnya dari Ketua KONI bahwa dari prestasi kita selama ini kita hanya sampai rangking 8, mungkin akan dinaikkan. Kalo saya mau rangking 1. Kalau kita sudah target kecil bagaimana kita mau besar, harus besar dulu,” harapnya.

“Kalau sesuai kemampuan kita misalnya, keterbatasan sarana dan prasarana kemampuan kita ya itulah prestasi kita karena prestasi itu sebenarnya adalah suatu pencapaian yang tidak dimampui oleh orang lain, tetapi kita sudah tetapkan kemampuan kita sampai sini berarti prestasi kita itulah. Tapi bagi saya kita harapkan the best of the best,” katanya lagi.

Untuk itu ia mengajak, agar semua pihak bisa melaksanakan amanah dari pemerintah daerah tentang tujuan dan harapan dari pencapaian penggunaan dana yang telah dihibahkan Pemkab Buton melalui Dispora ke KONI.

“Jadi saya hanya sedikit menyampaikan supaya kita semua melaksanakan apa yang menjadi amanah dari pemerintah daerah tentang penggunaan dan apa yang menjadi tujuan kita dan harapan kita dari pencapaian penggunaan dana yang telah dihibahkan, mudah-mudahan semua kita bisa sukses membawa Buton kedepan yang lebih baik,” pungkasnya.

Sebelumnya di tempat yang sama, Ketua KONI Kabupaten Buton, LM. Syamsir Siri Ikrami juga berharap, Buton bisa menjadi yang terbaik, apalagi Buton menjadi tuan rumah pada pelaksanaan Porprov mendatang.

“Kita harapkan Buton bisa menjadi yang terbaik karena alhamdulillah kita juga sebagai tuan rumah Porprov ke 14, Insya Allah akan terselenggara Desember 2022 mendatang,” harap Ketua KONI saat membawakan sambutan.

Untuk itu lanjut Syamsir, masih banyak waktu untuk berbenah, terutama bagi para cabor.

“Saya kira masih banyak waktu untuk kita berbenah utamanya para cabor-cabor, dan teman-teman tetap semngat, semua semangat, harus kita menjadi yang terbaik,” pintanya.

“Kemarin pada tahun 2018 Poprov di Kolaka kita peringkat ke 8, kita upayakan kita naik 6 atau lebih kita tingkatkan lagi,” tutupnya.

Sementara itu, saat menyampaikan laporan pada acara penandatanganan NPHD tersebut, Kepala Dispora (Kadispora) Kabupaten Buton,  Zainuddin Napa menginginkan agar dana hibah yang diberikan itu hanya sampai di KONI sesuai ketentuan yang berlaku.

“Dan saya mohon kepada KONI hibah ini hanya sampai di KONI, dalam peraturan pemerintah hibah sampai di KONI, jadi yang tau KONI, jadi dinas tidak akan berurusan lagi dengan cabor tapi dinas hanya berurusan kepada KONI, nanti KONI yang ngatur ke cabor,” katanya.

Karena hibah tersebut hanya sampai pada TC pembiyaan lanjut mantan Kadis Pariwisata Buton ini, maka hadiah bagi para atlet berprestasi akan dibiayai lewat APBD Perubahan 2022 melalui Dispora.

“Hibah ini sampai kepada TC pembiayaan sampai pada TC, adapun hadiah dan tentang atlet berprestasi kalau sampai pada Porprov itu akan dibiayai oleh APBD Perubahan melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga,” ungkapnya.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here