Fakta-fakta Kakek Usman di Buton Tangkap Buaya Raksasa Bobot 1 Ton Seorang Diri

TERAWANGNEWS.com, Buton – Seorang kakek nekat menangkap buaya raksasa seorang diri di Desa Ambuau Indah, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Sabtu (25/6/2022).

Kakek tersebut bernama Usman (53) yang nekat menangkap buaya raksasa demi keselamatan warga yang kerap beraktivitas di Area Persawahan dan Perkebunan yang menjadi lokasi buaya ditemukan.

Berikut fakta-fakta Kakek Usman nekat tangkap buaya seorang diri:

1. Baru Pertama Kali Tangkap Buaya

Kakek Usman mengaku bahwa dirinya baru pertama kali menangkap buaya. Hal itu terpaksa ia lakukan demi keselamatan warga.

“Baru pertama kali ini saya tangkap buaya karena kalau buaya ini naik di darat nanti bahaya warga. Apalagi di tempat ini lahan kebun dan sawah,”katanya dilansir dari tvonenews.com.

Menurutnya, buaya raksasa tersebut muncul setelah daerah mereka dilanda banjir selama dua hari yang membuat kondisi sungai dan area pemukiman rata karena ketinggian banjir.

“Ini dia muncul karena kita habis kena banjir dua hari, jadi sungai dengan darat itu sama tingginya jadi buaya naik,” ungkapnya.

2. Hanya Butuh Seutas Tali Tangkap Buaya

Saat menangkap buaya raksasa tersebut, Kakes Usman hanya membutuhkan seutas tali dengan waktu kurang dari setengah jam.

Setelah ditangkap Usman kemudian menyampaikan kepada warga sekitar untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh Pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA setempat.

3. Panjang Buaya 4,30 meter dengan bobot kurang lebih 1 Ton

Sementara itu, Kepala Resort BKSDA Buton, Laode Tamrin yang ada di lokasi, mengatakan buaya tersebut memiliki panjang 4,30 meter dengan bobot kurang lebih 1 Ton.

“Tadi kami sudah ukur ada sekitar 4,30 Meter panjangnya dengan bobot perkiraan warga kurang lebih satu ton,”ungkapnya.

4. Buaya Akan Dibawa ke Kendari, Sultra

Pihaknya lanjut Tamrin, telah melakukan koordinasi dengan BKSDA Provinsi Sulawesi Tenggara  untuk nantinya akan dibawa ke Kendari.

“Kami akan bawa ke Kendari selanjutnya akan dilepas liarkan ke habitatnya yang ada di Taman Nasional Rawa Aopa yang ada di Kabupaten Konawe Selatan,”pungkasnya.

5. Pemindahan buaya ke atas mobil butuh tenaga 20 orang dewasa

Untuk diketahui proses pemindahan buaya ke atas mobil membutuhkan tenaga 20 orang dewasa dengan waktu lebih dari satu jam.

Editor: La Ode Ali

Sumber: tvonenews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *