Soal Konsorsium 303, Ini Kata Kapolda Sultra Teguh Pristiwanto

0
190

TERAWANGNEWS.com, Buton – Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra), Irjen Pol Drs. Teguh Pristiwanto sebut wilayah Sultra tidak masuk dalam dugaan praktik perjudian “Konsorium 303”.

Hal itu dikatakan Kapolda saat ditemui di Depan Lobi Polres Buton, Kamis (22/9/2022) siang.

“Sultra tidak masuk dalam Konsorsium,” singkat Kapolda saat ditanya awak media ini didampingi Kapolres Buton, AKBP Rudi Silaen bersama sejumlah Perwira tinggi Polres Buton.

Sekedar informasi, kedatangan Kapolda di Polres Buton tersebut usai dirinya menghadiri Pembangunan Tugu Pahlawan Nasional asal Sultra, Sultan Himayatuddin Muhammad Said “Oputa Yi Koo” oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi bersama Forkopimda dan Kepala Daerah lainnya di Kota Baubau, hari ini, Kamis (22/9/2022).

Dikutip dari CNN Indonesia, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan telah memerintahkan jajarannya untuk mengusut tuntas soal kasus dugaan praktik perjudian “Konsorsium 303”.

Ia pun mengatakan akan mencekal para anggota Polri yang terlibat dalam konsorsium tersebut.

“Saya sudah minta usut sampai ke atas, begitu didapatkan nama, red notice atau cekal. Kemudian dari situ kita ungkap apakah ada anggota yang terlibat atau tidak,” kata Listyo dalam program Satu Meja Kompas TV, Rabu (7/9/2022).

Isu “Konsorsium 303” itu muncul di tengah ramainya pemberitaan kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang merupakan ajudan bekas Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Sambo disebut-sebut sebagai pemimpin konsorsium. Isu itu mulanya ramai di media sosial.

Dalam grafik yang beredar di media sosial, selain ada nama-nama anggota Polri yang diduga terlibat, juga disebutkan sejumlah bisnis ilegal yang didukung oleh “Konsorsium 303”. Beberapa di antaranya yaitu bisnis tambang ilegal dan minuman keras.

Listyo mengatakan Polri mengedepankan investigasi secara saintifik atau scientific crime investigation.

“Terkait adanya konsorsium atau tidak kan kita bicara scientific crime ya, tentunya saya berjalan dari pembuktian ya,” ucapnya.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here