Pj Bupati Buton Lantik Pengurus Dekranasda Buton 2022-2024

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si. resmi melantik pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Buton di Aula Kantor Bupati Buton, Sulawesi Tenggara, Jumat (27/1/2023) sore.

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara Nomor: 02/Dekranasda.Prov/SK/I/2023 tentang Pengesahan Pengangkatan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Buton Tahun 2022-2024 tanggal 16 Januari 2023.

“Pertama-tama saya mengucapkan selamat kepada Pengurus Dekranasda Buton yang baru dilantik,” ucap Pj Bupati Buton di awal sambutannya.

Orang Nomor Satu di Bumi Penghasil Aspal Alam terbesar di dunia ini menyampaikan, Buton memiliki kekayaan seni kerajinan yang harus dikembangkan.

“Saya mengingatkan bahwa Buton mempunyai kekayaan hasil-hasil kerajinan daerah. Kain Tenunan Buton memiliki filosofi dan sangat beragam,”ungkap Basiran.

Tenunan Buton kata Kepala BPKAD Sultra itu, memiliki banyak jenis dan motif tenunan yang harus dipatenkan sehingga tidak ditiru dan dapat meningkatkan nilainya.

“Selain itu juga ada tenunan dan yang kita kenakan hari ini harus diajukan ke HAKI dengan nama-namanya termasuk kerajinan-kerajinan lainnya kita patenkan. Sehingga tidak ada yang meniru dan jika sudah memiliki sertifikat HAKI harganya akan bagus seperti di Wabula yang memproduksi ada kain dengan pewarna alami,” jelasnya.

Diakhir sambutannya Basiran berharap, Pengurus Dekranasda yang baru dilantik untuk segera bekerja dengan cepat.

“Saya harapkan setelah dibentuk dan dikukuhkan pengurus Dekranasda segera gas full,” tutupnya (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *