Dekranasda Buton Apresiasi Karya Pengrajin Winning Mendaur Ulang Sampah

TERAWANGNEWS.com, Buton – Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali melakukan lawatan di beberapa pengrajin di wilayah kerjanya, Kabupaten Buton.

Kali ini melengkapi 7 Kecamatan di Kabupaten Buton, Dekranasda melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Pasarwajo, Desa Winning, Selasa (14/2/2023).

Kunjungan tersebut dipimpin Wakil Ketua Dekranasda Buton, Ny. Deisy Natalia Rompas Basiran, S.H. didampingi Sekretaris Dekranasda Usman dan sejumlah pengurus lainnya.

Dalam kunjungannya Dekranasda Buton disambut langsung oleh Kepala Desa bersama ibu dan Ketua BPD Winning, para pengrajin dan mahasiswa KKN di aula Kantor Desa Winning.

Di tempat itu, Wakil Ketua Dekranasda diperlihatkan aneka kerajinan hasil karya masyarakat Winning. Beberapa produk kerajinan/ keterampilan antara lain bunga dari pemanfaatan limbah kantung plastik, penutup talang/penambah dari pelepah pisang, anyaman talang dari limbah industri pengikat karung aspal, nyiru (tapisan beras) dari anyaman bambu dan rotan, keranjang dari anyaman bambu/ rotan dan sejenisnya, tempat tisu dan vas bunga dari pipet, tikar dan tas dari anyaman sampah plastik kemasan snack/ bungkusan kopi dan lain sebagainya.

Melalui kesempatan tersebut Ketua BPD Desa Winning, Marfaini menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Dekranasda Buton dan berharap para pengrajin mendapatkan pembinaan dan modal agar dapat meningkatkan nilai kerajinannya.

“Terima kasih sudah datang di ujung Pasarwajo. Semoga dengan kedatangan ibu dan rombongan menjadikan kami semangat dan diadakan pembinaan di kelompok kami, termasuk bila ada modal usahanya atau binaan langsung seperti pelatihan agar meningkatkan inovasi dan kualitas dari kerajinan kami ini,” katanya.

Lebih lanjut Marfaini menyampaikan kendala lainnya yang dirasakan pengrajin adalah pemasaran yang terbatas.

“Kami sangat berharap hasil karya pengrajin di Desa Winning dapat diikutsertakan di event-event Kabupaten Buton atau di luar daerah yang diikuti Kabupaten Buton seperti pameran guna meningkatkan pemasaran yang menjadi kendala selama ini,” harapnya.

Sementara itu, Ny. Deisy Natalia Rompas Basiran, S.H. menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat yang sudah menyambutnya dan sangat mengapresiasi para pengrajin yang telah membuat produk dari bahan sampah yang sangat kreatif.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Desa Winning dan kepada masyarakat, yang sudah antusias menerima saya. Tentunya saya saat ini melihat masyarakat antusias dalam mengumpulkan sampah-sampah menjadi suatu kerajinan itu sangat luar biasa. Pertama, desa dapat terbebas dari sampah, kalau sudah bebas dari sampah masyarakatnya sehat. Terkait harapannya, kami akan tampung dan segera kami tindak lanjuti melalui rapat bersama OPD terkait,” ucapnya.

Sekretaris Dekranasda Usman menambahkan, Bumdes diharapkan dapat membantu pemberdayaan kelompok usaha pengrajin untuk mendapatkan penyertaan modal, tentu selain mengharapkan bantuan dari OPD terkait.

Usai kunjungan, Dekranasda Buton menggelar Rapat Tindak Lanjut Hasil Kunjungan Kerja di seluruh Kecamatan di Kabupaten Buton (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *